SURABAYA, Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Minggu 22 April 2018, Parade Budaya Anak Nusantara ( Praban ) dan Alumni Parade Cinta Tanah Air (PCTA) menggelar lomba fashion Show Kartini Day 2018.

Lomba yang digelar di Jembatan Merah Plasa Surabaya tersebut, diikuti 216 peserta, dari tingkat TK, SD, SMP, SMA.

Ketua DPC PWRI Kota Surabaya, Sukirman menyerahkan hadiah kepada peserta lomba

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Diah Wulandari selaku Direktur Yayasan Praban, bahwa maksud dan tujuan dari acara ini adalah untuk memberi edukasi terhadap anak Indonesia  tentang wawasan nusantara dan kebangsaan.

Selain itu sekaligus untuk mengembangkan nilai dan sikap patriotisme, cinta tanah air, dan meningkatkan pemahaman tentang nilai nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

“ Kami ingin agar anak-anak Indonesia, bisa memahami wawasan nusantara dalam perspektif yang lebih luas. Tumbuh semangat dan jiwa patriotisme, dengan meneladani perjuangan RA Kartini,” tutur Diah.

Acara yang di mulai pukul 13.00 wib ini, digelar berbagai atraksi budaya seperti tari-tarian daerah, reog, maupun seni tradisional lain dengan para  pemain anak-anak Sekolah Dasar

“ Ini adalah bukti bahwa kita mampu mewujudkan anak indonesia yang cerdas, kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Kegiatan Lomba Fashion Show Kartini Day 2018, didukung oleh Kementerian Pertahanan Provinsi Jawa Timur, DPC PWRI Kota Surabaya, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan Kota Surabaya, TVRI Jatim. BBS TV, Jembatan Merah Plasa, Disbudparpora Kota Surabaya, Radio Suzana 91.3FM, dan Pemuda Pusura.

Bertindak sebagai yuri adalah Lies Uwek (perancang busana), Sandra (foto model), Rossa Meltanty dan Rendi.

Juara juara lomba tersebut adalah :

Untuk kategori TK:

juara 1 Kezia Florence

juara 2 Renata Duhita L

Juara 3  Quenetta Alfiramadani

Untuk kategori SD:

Juara 1 Karenina Aurelia Putri W

Juara 2 Atika Mutiara Sukma

Juara 3 Trult Fisichela R

Juara harapan 1 Sufrilla Tasyabilla

Juara favorit  Niki Deswera

Untuk kategori SMP

Juara 1 Maria Agustin P

Juara 2 Marseily Aneisa P

Juara 3 Naura Kalilah S

Untuk kategori SMA

juara 1 Cindy Salsabila

Juara 2 Gegala Mahlubbi Z

Juara 3 Intan Putri W

( Rf/Red )