SAMPANG, Petajatim.id. Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Abdullah Hidayat, mengajak seluruh jajaran pengurus maupun masyarakat, menjadikan momentum 1 Muharram kali ini, merupakan saat yang tepat, untuk membangun kekuatan bersama dalam bingkai persatuan, untuk membangun Kabupaten Sampang, menuju masyarakat bermartabat, sejahtera dan berkeadilan.

Menurut Haji Ab, memaknai Hijrah Rasullullah, hikmah yang bisa diambil adalah membangun kehidupan yang baik, membangun komitmen bersama, dengan merujuk pada nilai-nilai agama maupun keluhuran budaya.

“ Saat inilah waktu yang tepat, kita memaknai Hijrah Rasullullah, untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi lebih baik, dan bersama-sama memperkokoh silaturahmi, untuk membangun Sampang, agar menjadi lebih baik dan hasilnya bisa dirasakan seluruh masyarakat. Ini salah satu tugas suci, dimana AKD memiliki tanggung jawab moral untuk itu,” kata Haji Ab di Sekretariat AKD, Selasa, 26/09/2017.

Tujuan tersebut akan terwujud, lanjut Haji Ab, jika kita bersama-sama menguatkan komitmen serta menyatukan visi.

Bila dimaknai , hikmah perjuangan Rasullullah, mengandung spirit atau motivasi dan semangat juang, tanpa kenal putus asa, namun mengandung prospektif yang tinggi kepada arah yang lebih baik.

“ Kita bisa memaknai esensi hijrah dalam arti yang luas, berjuang tanpa pamrih untuk kebaikan sesama dalam ridlo Alloh SWT. Ini termasuk salah satu modal untuk membangun Sampang. Untuk itu, saya mengajak seluruh pengurus AKD, juga elemen masyarakat, untuk belajar mengamalkan makna hijrah dan implikasinya dalam kehidupan berukhuwah secara mendalam, sebagai sesama saudara muslim,” ingatnya.

Haji Ab menekankan, dalam konteks hijrah kekinian,  merupakan sikap menerima berbagai perubahan-perubahan dalam segala dimensi dari berbagai aspek, misalnya berhijrah merekonstruksi kembali pola pikir, maupun berhijrah untuk memperbaiki kehidupan.

( Joko )