SURABAYA, Petajatim.id. Lonjakan penumpang yang melalui terminal bus Purabaya, Bungurasih, Surabaya, Jawa Timur,  diprediksi bakal melonjak tajam jelang natal dan tahun baru 2018.

Menurut pantauan Petajatim.id, lonjakan penumpang, sudah terlihat sejak hari Jumat, dan seperti tahun sebelumnya akan mengalami kenaikan hingga 2 hari menjelang pergantian tahun.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik di berbagai wilayah di Jawa Timur dan sekitarnya, pihak pengelola terminal Purabaya – Bungurasih, telah menyiapkan 14 ribu bus.

“ Kami memprediksi kenaikan lonjakan penumpang akan terjadi jelang natal dan tahun baru ini, apalagi berbarengan dengan liburan sekolah. Kami sudah mengantisipasinya dengan menambah jumlah armada bus yang bisa diberangkatkan sewaktu waktu. Kurang lebih 14 ribu bus kami persiapkan,” kata Hardjo, Kepala Unit Terminal Purabaya-Bungurasih, Surabaya, kepada petajatim.id.

Dari sisi kamtibmas, kondisi keamanan jelang natal dan tahun baru 2018, di sejumlah titik seperti terminal, bandara, pelabuhan maupun tempat-tempat ibadah umat kristiani di Jawa Timur, aman dan kondusif.

Hal tersebut juga terlihat di sejumlah tempat perbelanjaan di Surabaya.

“ Alhamdulillah, suasana aman dan kondusif, tidak ada gejolak apapun. Kami berharap situasi yang indah ini akan terus terjaga tidak hanya untuk saat ini saja, namun di hari hari setelahnya,” kata Agung, petugas keamanan di salah satu mall di Surabaya.

( Rus/Jok )