Pada dasarnya, semua dapat melakukan bisnis online. Baik untuk para pelajar, ibu rumah tangga dan para pensiunan. Dalam artikel ini kami sajikan cara bisnis online sesuai praktik terbaik bagi para pemula.

Indonesia dengan 250 juta penduduk yang tersebar di seluruh nusantara, telah memiliki pengguna internet lebih dari setengah populasi. Belanja online semakin sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Baik melalui situs marketplace atau melalui website toko online, keamanan belanja online kini sudah lebih terjaga.

Bagaimana Cara Bisnis Online Yang Benar Bagi Para Pemula?

Belanja online dari sisi pembeli dapat menghemat. Seorang yang berada diluar pulau dapat membeli barang yang mereka inginkan tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi yang mahal.

Sebelum melangkah pada cara bisnis online untuk pemula, alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa peluang bisnis online yang menarik. Anda dapat memilih produk yang akan dijual sesuai degan hobby atau ketertarikan anda.

 Peluang Bisnis Online

Berikut beberapa ide bisnis online yang dapat dijadikan pertimbangan bagi para pemula.

Bisnis Online Sepatu

Setiap orang memerlukan sepatu. Mulai dari bayi hingga orang tua. Sepatu memiliki daya tahan dan kualitas yang berbeda-beda. Alasan orang untuk membeli sepatu bermacam-macam, ada yang untuk penampilan, karena sudah tidak muat, dan karena usang. Ini artinya peluang bisnis sepatu dapat menjadi peluang bisnis online yang menjanjikan.

Anda dapat menyediakan sepatu mulai dari sepatu anak-anak hingga dewasa dengan beberapa jenis dan peruntukan. Misal, sepatu olah raga, sepatu sekolah, sepatu kantor dan sebagainya.

Secara umum, bisnis sepatu online tidak terlalu sulit. Untuk belanja sepatu secara online pun, para pembeli hanya perlu mengetahui spesifikasi ukuran, bahan dan pilihan warna. Dengan demikian, bisnis sepatu online merupakan bisnis online yang mudah dilakukan.

Bisnis Online Fashion Shop

Bisnis pakaian selalu menjadi peluang yang menggiurkan. Perputaran uang di bisnis pakaian Indonesia tergolong cukup besar. Maklum saja, Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki penduduk sangat banyak. Dan semua penduduk di Indonesia tentunya memerlukan baju dan celana bukan ?

Bisnis pakaian online atau bisnis online fashion shop telah menjamur di Indonesia. Banyak ibu rumah tangga dan para mahasiwa yang menyambi bisnis ini. Dalam hal bisnis online fashion shop, selain kelengkapan pilihan produk pakaian juga masalah model dan kualitas. Disnilah kenapa bisnis online harus dilakukan sesuai dengan minat anda, dan ini merupakan salah satu faktor cara sukses bisnis online.

Walaupun sudah banyak yang menjalankan bisnis online pakaian, namun peluang bisnis pakaian masih terbuka luas. Trend hijab misalnya, seperti tidak ada surutnya. Banyak yang menjual busana muslim melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan sebagainya. Ini memang cara bisnis online termudah.

Bisnis Online Herbal

Kesehatan merupakan karunia yang besar. Setiap orang perlu menjaga kesehatan, namun tidak sedikit orang yang lupa jaga kesehatan. Terutama di kota besar, dimana kondisi selalu sibuk dengan macet dan pekerjaan, membuat orang menjadi jarang olah raga.

Anda dapat membantu orang dalam menjaga kesehatan dengan melakukan bisnis herbal online. Herbal tergolong produk yang aman di konsumsi semua orang. Dengan sifat produk tanpa bahan kimia, produk herbal sangat jarang yang memiliki efek samping (bahkan mungkin tidak ada efek samping).

Dalam bisnis online herbal, sebaiknya anda menggunakan website toko online. Cara bisnis online herbal harus disertai dengan sosialisasi dan edukasi. Seperti dijelaskan diatas, banyak orang lupa untuk menjaga kesehatan. Mereka akan ingat jika sudah merasakan ciri mau terserang penyakit.

Peluang bisnis herbal online cukup menjanjikan hingga saat ini. Dengan sebuah website yang dapat membantu anda menyampaikan pesan kebaikan sembari menawarkan solusi dalam menjaga kesehatan, anda bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis online herbal tersebut.

Bisnis Online Jualan Buku

Bisnis online ini menarik. Dalam berjualan buku secara online, terkadang anda tidak perlu memiliki stok buku. Anda dapat bekerjasama dengan para penerbit dengan mengajukan diri sebagai agen atau reseller online. Dan anda juga dapat membantu toko buku di dekat lokasi anda untuk menjualkan buku-bukunya.

Bisnis Online Mebel Furnitur

Produk mebel dan furniture sebetulnya tidak terbatas pada barang-barang yang besar. Jika anda menjual mebel dan furniture secara online, sebaiknya mulai dari barang yang berukuran kecil. Misal, peralatan kamar mandi, rak buku dinding, dekorasi rumah, wallpaper dan sebagainya. Ini akan memudahkan anda pada awalnya untuk bisnis online mebel dan furnitur. Kenapa ? karena anda tidak perlu pusing masalah biaya kirim.

Peluang bisnis online barang rumah tangga masih menempati persentase tertinggi dalam jenis produk yang dibeli secara online. Hal ini berdasarkan survey perilaku pengguna internet Indonesia tahun 2016 yang di publikasikan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)

Segera setelah bisnis online mebel dan furnitur anda sudah banyak pelanggan, maka siapkan untuk menjual barang yang besar, semial set meja maka, furnitur kantor, dan sebagainya.

Berhubung harga pasaran untuk produk mebel dan furniture jarang yang sama, anda dapat menetapkan margin lebih pada bisnis ini. Layanan, akurasi dan kecepatan respon merupakan kunci sukses jualan online mebel dan furniture.

Bisnis Online Kuliner

Ini merupakan bisnis yang menarik. Bagi anda para ibu rumah tangga yang hobby memasak, bisnis online kuliner merupakan peluang usaha online terbaik. Bisnis online kuliner dapat dilakukan dari rumah. Misal dengan membuat kue kering inovasi baru, pempek, makanan khas daerah-daerah di Indonesia dan sebagainya.

Setiap orang butuh makan, dan pecinta kuliner semakin tumbuh banyak di Indonesia. Dengan memiliki cita rasa yang unik dan penyajian yang baik maka bisnis online kuliner anda akan cepat berkembang.

Bisnis Online Kosmetik

Setiap Wanita ingin tampil cantik, oleh karena itu Wanita sangat suka berdandan. Terutama untuk wanita perkantoran. Oleh karena itu, produk kosmetik memiliki pangsa pasar yang luas. Produk kosmetik dapat sangat banyak jenisnya. Anda dapat menganalisa produk mana yang paling laku di pasaran. Misalnya, produk kosmetik untuk wajah, untuk kulit, atau produk diet?

Bisnis online kosmetik sangat menjanjikan, akan tetapi anda harus selektif dan berhati-hati dalam memilih produk yang akan dijual. Banyak produk kosmetik impor dan palsu yang beredar di Indonesia. Hindarilah menjual kosmetik impor. Sebaiknya, cukup jual kosmetik buatan lokal yang sudah memiliki izin dari BPOM.

Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Setelah anda menimbang baik-baik produk apa yang akan di jual secara online, maka cara bisnis online sesuai praktik terbaik harus dijalankan. Ini merupakan realisasi untuk meraih peluang bisnis dengan omset milyaran rupiah. Bisnis online sangat menjanjikan, akan tetapi harus dilakukan secara benar.

Ada dua pilihan dalam cara melakukan bisnis online, yakni: cara termudah dan cara terbaik. Untuk anda yang masih dalam tahap belajar, sebaiknya menggunakan sosial media dan marketplace untuk berjualan online. Namun, cara ini tidak dapat menghasilkan penjualan sebanyak dengan menggunakan sebuah website toko online.

Salah satu tujuan dan manfaat menggunakan website toko online adalah anda dapat lebih mempertahankan pelanggan. Ini artinya bisnis online dapat bertahan lebih lama.

Website toko online merupakan investasi anda. Jika anda mengharapkan ‘keajaiban’ dengan membuat website toko online dan anda langsung jadi milyuner, itu tandanya anda belum memahami cara bisnis online yang real.

Cara Bisnis Online Sesuai Praktik Terbaik

Baiklah, untuk memahami cara bisnis online yang real, disini akan kami jelaskan kenapa pebisnis online harus menggunakan sebuah website.

Inti dari bisnis online adalah penjualan bukan ? untuk mendapatkan penjualan diperlukan pemasaran atau promosi. Dalam ilmu pemasaran, hal ini dinamakan “Branding”. Untuk melakukan online branding, mau tidak mau pebisnis online harus memiliki website.

Apa yang terjadi jika tidak memiliki website ?

Anda dapat mengandalkan jejaring sosial dan situs marketplace untuk mempromosikan barang dagangan anda. Jualan online di sosial media dapat sangat menyulitkan anda kedepannya. Saat ada peminat yang melihat foto produk yang anda sebarkan, ternyata barang kosong. Jika ini sering terjadi (dan akan bertambah sering terjadi), maka anda perlu mengganti nomor telepon agar tidak sibuk melayani orderan barang kosong.

Jika anda menggunakan marketplace, kemudian anda melakukan promosi siang dan malam. Namun, apa yang terjadi ? orang-orang yang melihat promosi anda malahan melihat-lihat produk dari pesaing anda di situs marketplace tersebut. Dan akhirnya, anda hanya mempromosikan situs marketplace tersebut, sedangkan orang yang berhasil di jangkau dari promosi anda melakukan pembelian ke pedagang lain.

Hal tersebut diatas hanya sebagian contoh kenapa anda harus memiliki website toko online untuk dapat sukses dalam menjalankan bisnis online.

Manfaat Website Toko Online

Sebuah website toko online akan menjadi dasar dalam melakukan bisnis online. Hal ini sudah tidak dapat dibantah lagi setelah banyaknya pemain bisnis online yang hanya mengandalkan marketplace dan sosial media, mengalami kemunduran dalam bisnis dan akhirnya tidak bertahan dalam bisnis.

Sudah menjadi persyaratan umum untuk seluruh bisnis, bahwa sebuah website wajib ada. Salah satu manfaat website untuk UKM yang terbesar adalah perluasan pemasaran. Dengan adanya website, anda dapat menyebarkan informasi, sosialisasi dan edukasi melalui blogging atau membuat artikel. Hal ini akan mendorong tingkat pengambilan keputusan para calon pembeli.

Umumnya, pembeli online akan melihat artikel anda terlebih dahulu sebagai bahan dalam menggali informasi sebelum mengambil keputusan. Pembeli online umumnya sangat berhati-hati. Jika anda berhasil meyakinkan mereka dengan pengetahuan anda seputar produk yang anda jual, maka bisnis online anda akan cepat ramai dan anda bisa mendapatkan penjualan yang banyak.

Cara Bisnis Online Agar Banyak Pembeli

Seperti yang dijelaskan diatas, tidak seperti berjualan menggunakan situs marketplace, jualan online menggunakan website dapat membebaskan anda dari usaha yang sia-sia. Orang-orang yang mendapat informasi produk tersebut, akan mengunjungi website anda. Di website toko online yang anda miliki sendiri, tentunya tidak ada pesaing. Dengan cara ini, anda juga dapat lebih meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Dengan menggunakan website toko online, anda dapat mengatur produk lebih leluasa. Misal, untuk diskon produk, diskon khusus, dan manajemen stok. Jika ada produk yang habis, maka tombol beli kan hilang dari halaman produk tersebut secara otomatis. Ini akan menghemat waktu anda dari pertanyaan-pertanyaan untuk barang yang kosong.

Oleh karena itu, untuk anda yang sudah mendapat cukup keuntungan, anda dapat mengumpukan sedikit untuk membuat website toko online. Biaya jasa pembuatan website toko online tersedia mulai dari Rp. 2.5 juta. Dan untuk tahun selanjutnya, anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 750.000 saja.

Ini artinya, anda hanya memerlukan sekitar Rp. 62.500 per bulan. Cukup murah bukan ?

Agar bisnis online anda banyak pembeli, anda memang harus menggunakan website toko online. Sekarang kita sudah memasuki era digital, dan harus memahami peta bisnis online. Dengan sebuah website toko online, anda dapat lebih meningkatkan pelayanan dan kecepatan transaksi.

Tidak seperti menggunakan marketplace, anda mungkin bosan menunggu orderan, dan ketika ada orderan masuk, beberapa hari kemudian baru anda lihat ada orderan. Hal ini dapat dicegah jika anda mau berjualan dengan website toko online. Begitu ada orderan masuk, anda akan menerima sebuah e-mail di smartphone anda.

Kepercayaan dan keyakinan pelanggan merupakan modal utama cara sukses dalam berjualan online. Oleh karena itu, pelayanan dan kecepatan dalam handling order merupakan syarat utama dalam berbisnis online. Dan ini hanya dapat mungkin dilakukan jika anda menggunakan website sebagai cara berjualan online.

Cara Melakukan Promosi Untuk Bisnis Online Anda

Seluruh blog post dan halaman produk dapat anda sebar melalui saluran digital yang ada, seperti sosial media, e-mail, forum online dan video Youtube. Selain itu, dengan banyaknya konten original hasil pemikiran anda sendiri, maka website anda akan lebih mendapatkan peringkat di mesin pencari. Ini artinya, website anda akan berada pada urutan teratas pada setiap pencarian yang terkait dengan produk yang anda jual.

Promosi bisnis online juga dapat dilakukan melalui marketplace. Ya! betul!. Jadi, marketplace merupakan sarana untuk promosi bisnis online anda. Jangan sampai anda menjadi saran promosi situs marketplace secara gratis 😉

Selain itu, pemasaran melalui e-mail juga masih merupakan cara yang ampuh agar bisnis online cepat menjual banyak. Dalam melakukan promosi bisnis online via e-mail, hindarilah spamming, gunakan e-mail client untuk melakukan hal ini.

Daftar e-mail yang berkualitas akan menentukan kesuksesan promosi online anda.

Banyak cara dalam melakukan bisnis online. Anda dapat selalu mengukur mana saluran digital yang efektif untuk mempromosikan dagangan anda. Ini dikarenakan setiap saluran digital berbeda segment dan karakteristik. Para pebisnis online harus dapat memahami karakteristik saluran digital marketing agar dapat melakukan promosi secara efektif dan efisien.

Menjaga Kepercayaan Konsumen

Dalam sebuah website toko online, sebaiknya di tampilan tentang bisnis anda. Informasi ini akan memuat alamat dan nomor telepon anda. Ini dapat memberikan rasa keamanan bagi para calon pelanggan anda.

Selanjutnya, anda dapat memberikan tips melalui artikel yang menarik dan bermanfaat bagi pelanggan anda. Secara berkala, kirimkan mereka e-mail promosi untuk menyampaikan informasi tersebut, sembari memberikan daya tarik dengan sebuah penawaran khusus.

Hal tersebut dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Cara ini akan menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam promosi online. Kepercayaan konsumen harus terus dirawat dan dikelola. Dengan membina hubungan ke pelanggan yang sudah ada, maka besar kemungkinan mereka akan terus ingat dengan bisnis online anda.

Sebagai contoh, jika anda menjual produk kopi secara online, anda dapat membuat artikel tentang kopi. Setelah itu anda e-mail ke pelanggan dengan sertakan promo penawaran khusus. Mungkin, saat membaca e-mail tersebut sebagian tidak melakukan pembelian, akan tetapi ketika mereka ingin beli kopi, mereka akan ingat website anda. Seluruh kesempatan harus digali, jangan sampai terlewatkan!

4 Langkah Bisnis Online Yang Harus Anda Lakukan Sekarang Juga!

Pilih produk apa yang akan anda jual, kemudian tentukan strategi pemasaran yang akan anda lakukan. Seperti dijelaskan diatas, anda dapat menggunakan sosial media dan marketplace jika baru pertama kali bisnis online.

Untuk anda yang pernah bisnis online melalui sosial media dan marketplace namun sudah memahami pentingnya untuk menggunakan website. Maka anda dapat ikuti langkah ini:

  1. Tentukan nama domain yang akan digunakan. Usahakan sesuai dengan nama bisnis anda. Ini akan menentukan branding online anda.
  2. Hubungi jasa pembuatan website toko online. Perhatikan fitur dan kualitasnya. Jangan sampai anda pilih yang biaya pembuatan websitenya murah, akan tetapi sebulan dua bulan website anda sulit diakses karena sumber daya hosting tidak memadai.
  3. Kemudian, siapkan foto produk dan penjelasan produk agar dapat dibantu upload. Pilihlah penyedia jasa website toko online yang mau memberikan pelatihan online sampai bisa untuk menggunakan website toko online anda.
  4. Selanjutnya, lakukan promosi, update produk dan tambah konten artikel anda secara terus menerus.

Dengan cara ini, bisnis online anda akan berkembang dan lebih dapat bertahan lama. Ini sudah terbukti oleh banyak orang di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia saja.

Demikian cara bisnis online ini kami sampaikan, semoga dapat memberikan pencerahan bagi anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan dari rumah. Semoga bermanfaat..