Nganjuk, petajatim.id. Jadi pengusaha itu tidak sulit, yang penting ulet, konsisten, dan tidak mudah menyerah, dan tentu saja jujur.

Hal tersebut disampaikan mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, pada seminar Nganjuk Entrepreneur Day, yang berlangsung di Balai Nganjuk, kemarin, Minggu, 29/10/2017.

Dalam seminar yang dihadiri ratusan peserta dari berbagai kalangan tersebut, Dahlan berbagi trik maupun strategi dalam mengelola suatu usaha. Menurutnya, berbisnis bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keterampilan atau bakat, menjadi pengusaha bukanlah warisan.

Founder Jawa Pos Group tersebut, menyampaikan materi dengan gaya santai dan familier, sehingga materi yang disampaikan, mudah diserap oleh peserta.

“ Siapa yang ingin jadi pengusaha?” kata Dahlan, saat berinteraksi dengan peserta. Dengan antusias, hampir semua peserta mengangkat jarinya. Lantas, tokoh murah senyum tersebut menunjuk beberapa peserta untuk maju ke depan.

Dahlan bertanya seputar usaha yang ingin dirintis dan faktor penghambatnya. Di depan Dahlan, mereka mengungkapkan banyak hal, namun faktor dominan mengaku tidak adanya modal, dan belum punya keberanian untuk memulai.

Dengan gaya khasnya, Dahlan memberi berbagai tips bagaimana memulai membangun usaha, maupun strategi dalam mengembangkannya.

( Nug/Jok )