JAKARTA, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Depkumham, untuk pertama kalinya menyelenggarakan Indonesia Prison Art Festival 2018.

Acara yang digelar di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat tersebut, akan berlangsung dari tanggal 23 sampai 24 April 2018.

Acara yang mengambil tema Bhineka Tunggal Ika tersebut diikuti oleh Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) seluruh Indonesia, merupakan hasil pembinaan kepribadian kemandirian dengan balutan seni dan budaya yang disuguhkan narapidana dari seluruh Nusantara.

Selain perhelatan seni dan budaya, festival ini juga menampilkan pameran kerajinan, kuliner masakan khas daerah, pameran arsip,pameran seni rupa, pameran foto kegiatan masing-masing lapas dan seni pertunjukan.

Acara yang di gelar mulai pukul 10. 00 Wib, ini memberikan pencerahan untuk bangsa Indonesia, bahwasanya nara pidana tidak hanya menjadi sampah masyarakat, tetapi mereka di bentuk untuk lebih berpotensi dalam segala bidang, agar lebih bermanfaat yang nantinya setelah  keluar dari Lapas bisa lebih kreatif dalam mengeksplor potensi dirinya, dan bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri dan masyarakat.

Menurut rencana kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasona Hamonangan Laoly, dan akan dihadiri dari Mabes Polri, Instansi Pemerintah, Pejabat maupun masyarakat umum lainnya.

( Rochman, Biro DKI )