ILustrasi (Tribunnews.com)

 

SAMPANG, Setelah tiga hari menjalani rawat inap di rumah sakit dr. Muhammad Zyn, Kabupaten Sampang, akhirnya gadis kecil SR (10) warga Desa Penyepen, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, dinyatakan terinfeksi HIV. Hal tersebut diketahui setelah dilakukan diagnosa terhadap SR.

Melansir dari harian Kabar Madura, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, Agus Mulyadi mengatakan, bahwa pihaknya belum mengetahui secara pasti kabar tersebut, karena hingga saat ini belum menerima laporan resmi dari rumah sakit tempat SR dirawat.

“ Hingga saat ini belum ada laporan resmi dari pihak rumah sakit, namun kami sudah mengetahui melalui informasi dari teman, dan kami sudah memerintahkan programer untuk mengecek secara langsung guna mengetahui kebenarannya,” kata Agus, dikutip Kabar Madura.

Dijelaskan Agus, untuk menangani penyakit HIV tidak membutuhkan perawatan khusus, semisal diisolasi, karena penularan jenis penyakit tersebut melalui media darah dan cairan, sehingga tidak perlu ditakuti.

Penyakit HIV, lanjut Agus, tidak mudah menular manakala tidak melakukan beberapa hal, salah satunya hubungan seksual.

“ Penyakit HIV tergolong aman, tidak perlu dikhawatirkan, karena tidak mudah menular selama tidak berhubungan badan,” ungkapnya.

( Jok/Red )