Tasikmalaya, Petajatim.ID. Pada malam sekitar pukul 23:47 WIB terasa gempa bumi di Jakarta yang ternyata merupakan Gempa di Pesisir Pantai Selatan Jawa Barat. Gempa tersebut tepatnya berasal di Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa Tasikmalaya ini sempat di informasi berpotensi tsunami.

Gempa Tasikmalaya Tergolong Cukup Kuat

Sempat di informasikan bahwa gempa bumi ini berpotensi tsunami seperti pada cuitan berikut:

Namun ketika team PetaJatim.ID melakukan cross check pada akun resmi informasi Tsunami, tidak ada informasi gempa di Tasikmalaya tersebut berpotensi tsunami. BMKG melaporkan gempa bumi terjadi di 43 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kedalaman 105 Km. Gempa tersebut dilaporkan sebesar 7.3 skala richter.

Gempa pertama kali di laporkan dari wilayah Sukabumi, kemudian diikuti laporan dari Tasikmalaya. Sebelumnya, gempa bumi 4.8 skala richter terjadi di BaratDaya Kabupaten Aceh Besar, Kedalaman 10 Km dirasakan hingga kota Banda Aceh.

Menurut, AKP Komarudin, Kasatpol Air Polres Tasikmlaya, informasi tsunami pada peristiwa gempa di Tasikmalaya tersebut di dapat dari adanya kabar surutnya air laut. Namun, saat dilaporkan, air laut sudah kembali normal kembali.

Melalui konferensi pers, BMKG telah memutakhirkan kekuatan magnitude gempa Tasikmalaya sebesar 6.9 Skala Richter. Potensi Tsunami disampaikan pada tingkat waspada, artinya gelombang tsunami tertinggi sekitar setengah meter.

Wilayah yang berpotensi tsunami adalah wilayah selatan pulau Jawa. Gempa susulan terjadi 3 kali di sekitar 3 skala richter yang semakin menurun.

Gempa Bumi Dirasakan Di Jogjakarta dan Juga Jakarta

Di Jogja dan Jakarta, Gempa juga terasa sekitar 1 hingga 2 menit. Untuk wilayah pesisir selatan Pulau Jawa. Demikian di Pacitan, seperti yang di lansir CNN Indonesia, para pengungsi korban longsor berhamburan keluar.

Berikut luas dampak gempa Tasikmalaya tersebut:

gempa tasikmalaya

Informasi yang kami himpun melalui situs BMKG, gempa Tasikmalaya ini tergolong cukup kuat hingga terasa hampir di seluruh Pulau Jawa, dengan lokasi terdekat di bagian Pesisir Selatan seperti Perbatasan Pangandaran, Kebumen, dan Cilacap, berstatus siaga.

Sampai dengan saat ini, korban jiwa belum dilaporkan. Beberapa bangunan rumah penduduk, rumah sakit dan kantor pemerintahan dikabarkan mengalami kerusakan.

cincin emas zamrud colombia

Gempa susulan sempat terjadi sebanyak tiga kali menurut pihak BMKG, akan tetapi kini sudah berakhir. Peringatan tsunami telah dicabut. Namun masyarakat di imbau untuk tetap waspada terhadap gempa susulan dan tidak perlu panik.

Tetap pantau terus untuk informasi selanjutnya. Dan tetap tenang, hati-hati terhadap Hoax yang dapat mungkin beredar di sosial media mengenai gempa Tasikmalaya ini. #FlyingEagle

Berikut beberapa foto kejadian gempa di Sukabumi tersebut yang di informasikan melalui beberapa akun Twitter.