Ketapang Kalbar- Petajatim.id. Ketua umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Jakius Sinyor melantik pengurus Dewan Adat Dayak Kabupaten Ketapang masa bhakti 2017-2022 di Ketapang Minggu (10/12/2017). Acara pelantikan pengurus DAD Kabupaten Ketapang tersebut dihadiri oleh Raja Hulu Aik, Raja Dayak di Pulau Borneo serta hadir Petrus Singa Bansa serta tampak hadir para utusan Dayak Sarawak Malaysia.

Ketua umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat,  jakius Sinyor berharap kepada segenap pengurus Dewan Adat Dayak Ketapang yanv baru di lantik dan kukuhkan ini dapat bekerja dengan kompak untuk memajukan Ketapang. Jakius yakin,  kalau kita kompak kita bisa membangun Ketapang yang tercinta ini.

Selain itu,  ia minta DAD Ketapang untuk mampu dalam mengatasi berbagai persoalan yang muncul dan bekerja sama baik dengan DAD Kecamatan maupun lembaga Adat lainnya yang ada di Ketapang.

Prosesi pelantikan ditandai penyerahan pataka dan pemasangan baju kebesaran oleh ketua umum DAD provinsi Kalimantan Barat, Ir. Jakius Sinyor kepada ketua DAD Ketapang, Martin Rantan.

Menurut Ketua DAD Ketapang, Martin Rantan dalam sambutannya berjanji untuk tetap memperjuangkan masyarakat masyarakat Dayak Ketapang agar bisa sejajar dengan masyarakat lainnya.

Martin Rantan mengharapkan kepada pengurus DAD Kecamatan yang ada di Ketapang agar segala persoalan yang terjadi di tingkat DAD Kecamatan untuk dapat di selesaikan di tingkat kecamatan itu sendiri.

Martin Rantan yang juga masih menjabat Bupati Kabupaten Ketapang itu menyampaikan, karena mengingat kesibukannya menjalankan tugas sebagai bupati, ia berencana akan menunjukan satu orang sebagai ketua harian DAD. Ketua harian ini yang akan banyak membantu tugasnya sebagai ketua Dewan Adat Dayak kabupaten Ketapang. Oleh karena itu, DAD Kabupaten Ketapang dalam waktu dekat akan membuat surat penunjukan untuk ditempatkan sebagai ketua harian di kepengurusan DAD Ketapang.

“ Saya yakin, dengan komposisi kepengurus DAD Kabupaten Ketapang yang baru di lantik ini, akan bisa membangun untuk memajukan kabupaten Ketapang kedepan,” kata Martin.

(Sartiman Biro Kalbar)