oleh: Prof. dr. Soeharsoyo SpAk

Kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Untuk itu sudah seharusnyalah aset berharga tersebut kita rawat, kita jaga, agar tidak terserang penyakit yang bisa berakibat fatal pada diri kita sendiri.

Seperti layaknya aktifitas dalam kehidupan, organ tubuh kita memiliki jam kerja biologis yang layak untuk kita ketahui, sehingga kita tahu langkah apa yang sebaiknya kita harus lakukan. Menurut Prof. dr. Soeharsoyo SpAk, jam kerja biologis organ tubuh manusia sebagai berikut:

LAMBUNG, Jam 07:00 – 09:00. Daya kerja lambung sedang kuat-kuatnya. Dianjurkan untuk sarapan yang bergizi tinggi pada jam ini.

JANTUNG, Jam 11:00 – 13:00; Hindari panas berlebih dan olah fisik, terutama bagian yang ada keluhan di pembuluh darah.

HATI / LIVER, Jam 13:00 – 15:00, Kondisi liver sedang lemah, dengan istirahat sejenak akan terjadi proses regenerasi sel2 hati.

PARU-PARU, Jam 15:00 – 17:00, Paru paru sedang lemah, istirahat dan nafas dengan teratur untuk mengembalikan energi paru paru.

GINJAL, Jam 17:00 -19:00, Ginjal dalam kondisi kuat, terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Ini jam terbaik untuk belajar.

LAMBUNG, Jam 19:00 – 21:00, Lambung sedang lemah. Diusahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna, atau lebih baik berhenti makan.

LIMPA, Jam 21:00 23:00, Limpa dalam kondisi lemah, terjadi proses pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika wajah menjadi agak pucat di jam ini, artinya limpa ada gangguan.

ANTUNG, Jam 23:00 – 01:00, Jantung sedang dalam kondisi lemah.

Waktunya istirahat untuk pemulihan energi tubuh.

HATI / LIVER, Jam 01:00 – 03:00, Liver dalam kondisi kuat, terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Ini saatnya terjadi regenerasi sel.

PARU-PARU, Jam 02.30 – 04:30, Kondisi paru paru sedang kuat, terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran di paru paru. Akan terjadi batuk, bersin dan berkeringat bila paru-paru kotor. Ini jam terbaik untuk “Qiyamul lail”. Saat sujud pada waktu inilah mengalirnya darah yang kaya akan oksigen ke otak tertentu yang tidak bisa dialirkan darah pada saat sujud diwaktu siang.

USUS BESAR, Jam 05:00 – 07:00, Usus besar dalam kondisi kuat, biasakan B.A.B di jam ini agar kotoran, racun dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semua.