Petajatim.id. Bisa bertemu tokoh dunia, apalagi sekelas Presiden Rusia, Vladimir Putin, tentu tidak sembarang orang bisa melakukannya. Namun, bagi dr. Gamal, melalui karya dan prestasi “Asuransi Sampah”, ia bisa bertatap muka dan berdiskusi dengan orang nomor satu di Rusia tersebut.

Gamal Albinsaid, dokter muda asal Malang, Jawa Timur, berkesempatan bertemu langsung dengan Putin di Rusia, Minggu, 15 Oktober 2017.

Gamal diundang untuk menjadi pembicara sekaligus memberi motivasi kepada 25.000 peserta dari 150 negara, pada acara 19 th world Festival of Youth and Students. Pada acara tersebut Gamal diminta untuk memberi inspirasi kepada pemuda, untuk berkarya menyelesaikan persoalan – persoalan kemasyarakatan.

Presentasi Asuransi Sampah

Setelah selesai menyampaikan presentasinya, Gamal langsung diundang Vladimir Putin untuk berdiskusi terkait berbagai inovasi yang dilakukannya, khususnya terkait pelayanan kesehatan melalui asuransi sampah.

Prestasi Gamal, berawal dari komitmennya terhadap pengelolaan sampah. Lalu ia, mendirikan klinik asuransi sampah, sebagai terobosan baru bagi dunia kedokteran di Indonesia.

Gamal membuat sistem asuransi kesehatan mikro berbasis kerakyatan. Dengan sistem ini, masyarakat dari golongan kurang mampu, cukup menyerahkan sampahnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Oleh klinik asuransi sampah, nantinya sampah – sampah tersebut diolah menjadi produk daur ulang komersil. Dari hasil produk daur ulang inilah nantinya yang akan digunakan untuk pelayanan kesehatan.

Melalui terobosan inilah, yang pada akhirnya mengantarkan pria berusia 28 tahun ini, meraih penghargaan internasional.

Banyak, karya yang telah lahir dari dokter muda yang murah senyum ini, diantaranya Garbage Clinical Insurance, Livestock Waste Insurance, Care for Mother, Mother Happines Center, Sabuk Bayi Pintar, ayotolong,com, dan siapapeduli.id.

Melalui inovasi asuransi sampah tersebut, Gamal telah membantu ribuan pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan prima.

Karena prestasinya tersebut, Gamal sering diundang untuk menjadi pembicara di berbagai seminar maupun motivasi baik di dalam maupun luar negeri.

( Jal/Joko )