JAKARTA, Hari Ulang Tahun Korps Pasukan Khusus (Kopassus), kemarin Senin 16 April 2018 memperingati Hari Ulang Tahun ke 66. Dengan semakin bertambahnya usia, diharapkan korps elit TNI Angkatan Darat ini mampu menjalankan tugasnya serta mampu menghadapi perubahan dan tantangan jaman.

Dengan bertambahnya usia diharapkan semakin Kopassus akan semakin jaya dan memegang teguh amanah sebagai prajurit dalam segala aspek untuk menjaga keutuhan NKRI. Apalagi, sekarang ancaman global untuk bangsa Indonesia semakin nyata.

KOPASSUS adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, dan  memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Tugas Kopassus Operasi Militer Perang (OMP) diantaranya Direct Action serangan langsung untuk menghancurkan logistik musuh, Combat SAR, Anti Teror, Advance Combat Intelligence (Operasi Inteligen Khusus). Selain itu, Tugas Kopassus Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya Humanitarian Asistensi (Bantuan Kemanusiaan), AIRSO (Operasi Anti Insurjensi, Separatisme dan Pemberontakan), Perbantuan terhadap Kepolisian dan Pemerintah, SAR Khusus serta Pengamanan VVIP.

Acara yang di gelar di Markas Satuan 81 Gultor Kopassus Cijantung   Senin, 16/4/2018 malam, cukup  meriah di hadiri  oleh Komandan Sat-81 Gultor Kol. Inf Yudha Airlangga (Kopassus), beserta keluarga  besar ibu Persit dan Anggota Sat-81 Gultor Kopassus.

“ Acara ini di harapkan untuk memperkokoh rasa kebersamaan diantara Anggota  Sat-81 Gultor Kopassus lebih solid dalam menjalani Kebersamaan dintara Anggota dan Keluarga  besar Kopassus,” ujar Komandan Sat-81 Gultor Kol inf Yudha Airlangga.

(Rochman Biro Dki)