Sampang, Petajatim.id,  Guyuran hujan di sejumlah wilayah di Sampang seperti  di kecamatan Kedungdung, Karang Penang, Omben dan Robatal, mengakibatkan sungai Kamoning meluap.

Dampaknya, terjadi genangan air di beberapa wilayah di Kecamatan  Sampang,  yang mengakibatkan beberapa ruas jalan di kota Sampang terendam banjir, di antaranya Jl.Raya Tanggumong 30 cm, Desa Paseyan 30 cm, Desa Panggung 20 cm, Desa Gunung Maddah 20 cm , Jl. Imam bonjol 30 cm, Jl. Suhadak 20 cm.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Anang Joenaidi menyatakan kondisi terakhir dua sungai di wilayah Kecamatan Kedungdung dan Robatal itu sudah meninggi dan meluap.

Namun banjirnya kecil diperkirakan hanya setinggi 30 sentimeter. Kemudian jika sungai wilayah Kedungdung itu mencapai 6 meter, maka ketinggian banjir nanti diperkirakan mencapai setinggi 50 sentimeter,” tuturnya, Sabtu,  6 Januari 2018.

Meskipun demikian  Anang menghimbau kepada seluruh masyarakat yang terdampak agar selalu waspada, karena tidak menutup kemungkinan ketinggian air banjir akan meningkat, karena di sebabkan hujan akan turun dan berbarengan air laut pasang.

Dia berharap banjir yang akan terjadi kali ini segera surut, sebab wilayah perkotaan Sampang sudah dilakukan perbaikan drainase yang menggunakan box culvert.

“Kalau mengaca banjir sebelumnya, waktu surut akan memakan waktu selama 7-8 jam. Tapi, kami belum tahu pasti karena sekarang ada perbaikan drainase. Ya, kita lihat saja, mudah-mudahan lebih cepat surut dan semoga Daerah utara tidak hujan lagi juga tidak berbarengan dengan air laut pasang,” harapnya.

(Aj)