ilustrasi ( Antara )

 

SAMPANG, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sampang, tengah mempersiapkan debat kandidat bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam Pilkada Juni 2018 mendatang.

Rencananya debat kandidat putaran pertama akan dilaksanakan di Goor Indoor Wijaya Kusama, Sampang, pada 5 Mei 2018, dan selanjutnya debat putaran kedua akan dilaksanakan pada 19 Juni di Surabaya.

Menurut Komisioner KPU Sampang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Miftahur Rozaq, sejumlah materi pokok yang akan diangkat dalam debat kandidat tersebut  yaitu sistem atau tata kelola pemerintahan, pengelolaan tata ruang kota, kesejahteraan, dan pembangunan sektor ekonomi, kesehatan maupun pendidikan.

Pada debat putaran pertama, kata Rozaq, materi yang akan dibahas seputar sistem atau tata kelola pemerintahan dan kesejahteraan.

KPU Sampang berharap masing-masing paslon bisa mengeksplor visi – misi mereka. Diharapkan nantinya masyarakat akan bisa mengenal, mengetahui, dan memahami program-program dari masing-masing paslon jika nantinya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sampang.

“ Debat pertama nanti terbuka untuk umum, sedangkan pada putaran kedua akan disiarkan langsung stasiun TV swasta,” kata Rozaq.

Untuk mempersiapkan dan suksesnya kegiatan tersebut, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi (rakor) lanjutan, untuk membahas tambahan materi di luar materi pokok sekaligus penajaman sub tema.

Namun sebelumnya KPU Sampang akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan tim panelis.

Ditambahkan Rozaq, dalam pelaksanaan debat nantinya, semua pihak harus bersama sama menjaga ketertiban, keamanan dan bisa menciptakan situasi yang kondusif.

“ Kami harap semua tahapan pilkada Sampang berjalan aman dan damai. Suksesnya pilkada akan menjadi gambaran kekompakan pemerintah dengan masyarakat,” tandasnya.

( Jok/Red )