Sampang, Petajatim.id.  Pasca pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) Independen Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur Rico Sebastian SH dan Moh Wasil SE memaksa Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat harus bekerja lembur.

Setiap hari mulai 30 Nopember – 8 Desember 2017 Komisioner dan staf Sekretariat KPU Kabupaten Sampang melakukan pengecekan administrasi dan memverifikasi data dukungan yang sudah di masukkan.

“Saat ini kami fokus kepada persyaratan administrasi serta pengecekan data dukungan yang di mungkinkan ganda sebelum di lakukan verifikasi Faktual,” ujar Miftahurrozak Komisioner KPU Kabupaten Sampang,  Minggu 3/12

Sementara Ketua KPU Kabupaten Sampang, Samsul Mu’arif mengaku paslon dari unsur independen atas nama Rico Sebastian dan Moh Wasil telah mendaftar dan memasukkan berkas persyaratan pada Rabu 29/11/2017.

Berdasarkan lembar B1 KWK yang diterima KPU Kabupaten Sampang , paslon independen tersebut mencamtumkan jumlah dukungan 62.378 orang, sementara batas minimal jumlah dukungan yang di persyaratkan bagi paslon independen hanya berjumlah 60.410.

Setelah melakukan cek administrasi dan kemungkinan ada data ganda,  tahapan berikutnya mulai 12 – 26 Desember 2017 dilanjutkan dengan tahapan verifikasi faktual yang melibatkan PPK dan PPS

“Petugas kami di bawah akan bekerja selama 14 hari untuk melakukan verifikasi faktual seluruh data dukungan yang di masukkan setelah di kurangi kemungkinan yang ganda dan tidak sah,” ungkap Samsul Mu’arif

Ditambahkan, tahapan berikutnya melakukan rekapitulasi dari hasil verifikasi faktual secara berjenjang.

Samsul mengatakan, bahwa pihaknya secepatnya akan melakukan sosialisasi dan bimtek kepada PPK dan PPS terkait tekhnis dari verifikasi faktual.

(Aj/red)