Untuk menarik pengunjung dan mendorong tamu untuk kembali, hotel telah hadir dengan berbagai fasilitas unik selama bertahun-tahun. Tapi sampai saat ini, banyak dari fasilitas hotel ditentukan oleh “firasat” dan survei manual dimana para tamu ditanya fasilitas gratis yang paling mereka sukai. Nah, berkat analisa big data, tugas menentukan fasilitas yang tepat untuk sebuah hotel yang ditawarkan telah menjadi lebih ilmiah.

Analisa big data dapat membantu hotel dalam menentukan fasilitas gratis yang memberi mereka kesempatan terbaik untuk meningkatkan daya tarik hotel mereka. Selain itu, analisa big data juga dapat meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan hotel.

Ciri persaingan di industri perhotelan lebih pada fasilitas. Hotel tahu bahwa fasilitas gratis dapat membawa pelanggan. Namun mereka juga tahu bahwa mereka bersaing dengan hotel lain yang menawarkan fasilitas gratis. Jadi, sangay penting untuk menawarkan seperangkat fasilitas yang paling diminati pelanggan.

2 Skenario Hotel Dalam Menarik Pelanggan

Skenario pertama adalah ketika pelanggan pertama kali mulai mencari hotel. Anda menawarkan paket gratis agar orang lebih memilih hotel Anda. Skenario kedua adalah memberikan pengalaman pelanggan yang lebih bik kepada tamu hotel selama masa tinggalnya. Bagian dari kepuasan pelanggan ini dicapai dengan menawarkan fasilitas gratis yang tepat. Jika Anda melakukannya dengan baik, tamu kemungkinan akan kembali.

Jadi, fasilitas hotel yang mana yang paling baik untuk menarik pelanggan?

Dari penelitian dan analisis yang diterapkan pada berbagai jenis hotel, Wi-Fi gratis hampir selalu berada di urutan teratas dari apa yang diharapkan para tamu untuk ditemukan di hotel manapun. Selanjutnya dalam rangkingnya adalah air kemasan gratis, atau setidaknya sebotol air pengantar gratis.

Analisa Big Data Membantu Hotel Dalam Meningkatkan Loyalitas dan Pendapatan

Seringkali, menentukan jenis fasilitas gratis yang Anda tawarkan tergantung pada merek dan jenis hotel Anda. Karena dampak kemudahannya akan berbeda antara hotel mewah dan hotel yang lebih berorientasi pada ekonomi.

Analisa big data dapat membantu hotel dalam memenuhi ROI (return on investment) yang didorong oleh fasilitas gratis.

Jika Anda menghabiskan satu dolar untuk sebotol air gratis untuk tamu Anda, apa yang Anda dapatkan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi terdepan?

Baca Juga: Serangan Malware Dapat Menghancurkan Data Bisnis Penting

Sebuah hotel biasanya mendapatkan penghasilan tambahan dari pelanggan sekitar Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000 untuk minuman. Kemudian antara Rp. 50.000 hingga Rp. 500.000 pengeluaran ekstra dari makanan dan minuman. Pendapatan tersebut jika dibandingkan dengan biaya wi-fi hotel, oleh karena itu Wifi gratis sudah merupakan fasilitas gratis yang cukup umum. Angka tersebut didasarkan pada biaya kamar, bersamaan dengan biaya tambahan yang dikenakan pada pelanggan di hotel.

Ada fasilitas gratis tertentu yang mungkin tidak membuat pelanggan tertarik pada awalnya, namun sosok itu menonjol dalam keputusan pelanggan untuk kembali ke masa depan.

Ruang fitness berpotensi besar untuk mendapatkan loyalitas pelanggan, meski tidak semua orang menggunakannya. Pelanggan menyukai perasaan bahwa dia memiliki akses ke fasilitas latihan jika dia harus memilih untuk menggunakannya.

Untuk mengumpulkan data dan menghitung analisis kemudahan suatu hotel, para pakar menggunakan metodologi yang meneliti sistem reservasi hotel dan kemudian menggabungkan data ini dengan data survei dari pelanggan mengenai fasilitas dan elemen lain dari masa inap mereka. Manfaat bagi manajemen hotel adalah tidak perlu lagi menentukan nilai fasilitas gratis secara manual.

Para konsultan analisa big data banyak bekerja sama dengan berbagai jaringan hotel untuk memodelkan skenario berbeda yang akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga pendapatan. Misalnya, hotel menemukan biaya yang lebih efektif bagi mereka untuk menawarkan poin gratis daripada menawarkan hal lainnya. Analisa big data juga dapat memprediksi pendapatan berdasarkan berbagai kombinasi fasilitas gratis.

Sebuah konsultan big data dapat dengan cepat menunjukkan bahwa sistemnya masih evolusioner, tapi setidaknya ia mulai menawarkan pendekatan yang lebih ilmiah untuk memahami apa yang menarik pelanggan dan membuat mereka tetap kembali.