SAMPANG,Petajatim.id- Momentum Peringatan HUT ke 72, masyarakat memperingatinya dengan berbagai ragam acara. Mulai dari Gerak Jalan Jantung Sehat, Aneka Permainan, hingga pentas seni. Tak terkecuali masyarakat Desa Beringin, Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang, turut memeriahkannya, dengan berbagai macam perlombaan untuk semua usia. Perlombaan ini digelar mulai 23 Juli hingga puncaknya 19 Agustus 2017.

Pusilan, S.Pd, Kepala Desa Beringin, Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mengatakan bahwa esensi dari digelarnya bermacam lomba ini, selain untuk memperingati HUT RI ke 72, sekaligus upaya menanamkan rasa nasionalisme dan kebersamaan di masyarakat.

“Acara ini dilaksanakan tentunya untuk mengenang jasa para pahlawan kita, inilah  tujuan utamanya. Dengan tumbuhnya rasa nasionalisme  dan kebersamaan, akan bertumbuh pula rasa cinta tanah air, dan bersama-sama membangun daerah yang kita cintai ,” Ujar Pusilan, kepada Petajatim.id,  dikonfirmasi di kantor balai Desa Beringin, Sabtu, (19/8/2017).

Lebih lanjut Pusilan menjelaskan, perlombaan tingkat Desa yang digelar untuk semua usia yakni, Sepak Bola, Jalan-jalan sehat (JJS), Tarik Tambang, Sepeda tangkas, catur, makan kerupuk, masukkan jarum ke botol, lari karung, dan bahkan pindah bendera.

“Banyak ragam acara yang kita selenggarakan. Saat ini kami sedang melaksanakan JJS, dengan peserta seluruh masyarakat,  dan sekitar seribu kupon yang kami siapkan sudah habis terjual. Ini menunjukkan betapa tingkat antusias masyarakat sangat besar,”terangnya.

Untuk setiap perlombaan, Pusilan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa door prize yang akan dibagikan pada kegiatan puncak sore nanti.

“Pembagian hadiah akan dihadiri langsung oleh Camat Tambelangan Mohammad Sulhan,”tambahnya.

Sementara itu, Zamzamul Adhim Ketua Panitia kegiatan menambahkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan pertama kali Di Desa Beringin, dan desa beringin tersebut juga merupakan satu-satunya desa yang melaksanakan lomba yang sangat meriah di Kecamatan Tambelangan.

“Karena kegiatan kami dilaksanakan hampir sebulan. Dan masyarakat sangat antusias dalam mengikuti berbagai macam perlombaan tersebut,”jelasnya.

Berdasarkan pantauan Petajatim.id, pelaksanaan JJS yang ditempuh sejauh 200 meter tersebut, langsung dilakukan pengundian. Bahkan, beberapa door prize untuk JJS, yakni Satu unit Kulkas, I unit Kipas Angin, dan door prize hiburan lainnya langsung dibagikan.

Sementara door prize untuk lomba catur, sepak bola dan tarik tambang akan dibagikan pada kegiatan puncak yang akan dihadiri oleh Camat Tambelangan yang disertai acara hiburan pesta rakyat. (Rif/Jok)