Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Program CSR merupakan salah satu wujud nyata dari tata kelola bisnis yang baik.

Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam. Mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

Penerapan Program CSR

Penerapan program CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance).

Hal ini diperlukan agar perilaku pelaku bisnis mempunyai arahan yang bisa dirujuk dengan mengatur hubungan seluruh kepentingan pemangku kepentingan (stakeholders) yang dapat dipenuhi secara proporsional. Selain itu, untuk mencegah kesalahan-kesalahan signifikan dalam strategi korporasi dan memastikan kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera.

Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) perusahaan dan bukan lagi dilihat sebagai sarana biaya (cost centre) melainkan sebagai sarana meraih keuntungan (profit centre).

Program CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Disisi lain masyarakat mempertanyakan apakah perusahaan yang berorientasi pada usaha memaksimalisasi keuntungan-keuntungan ekonomis memiliki komitmen moral untuk mendistribusi keuntungan-keuntungannya membangun masyarakat lokal, karena seiring waktu masyarakat tak sekedar menuntut perusahaan untuk menyediakan barang dan jasa yang diperlukan, melainkan juga menuntut untuk bertanggung jawab sosial.

Dalam mengimplementasikan program-program CSR-nya, PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah, yang dipimpin oleh Yanti Febriana Anggiesta, selalu mendiskusikan secara rinci dengan klien sehingga apa yang menjadi harapan dan keinginan klien dapat terpenuhi dengan baik.

Program CSR yang diciptakan berbeda dari program yang biasa diterapkan di perusahaan-perusahaan pada umumnya. Tim Program CSR PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah selalu membuat terobosan dan inovasi dalam menciptakan kegiatan CSRnya. Tidak hanya sekedar program pilanthropi yang bersifat donasi semata, namun lebih menitikberatkan pada edukasi masyarakat dan keberkelanjutan kegiatan.

Program CSR dari PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah

Tim program CSR PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah, telah banyak terlibat dalam program CSR yang dilaksanakan oleh perusahaan swasta, instansi pemerintah maupun BUMN. Salah satunya adalah PT Bukit Asam yang berlokasi di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.

Program ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Bukit Asam. Tim CSR PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah, terjun langsung melakukan serangkaian kegiatan mencakup monitoring, evaluasi, dan pendampingan berupa pelatihan.

Program CSR yang diimplementasikan oleh PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah, memang berbeda dari program lainnya. Para peserta yang telah menjadi mitra binaan PT Bukit Asam diberikan pendampingan berupa pelatihan, tidak hanya terkait bidang UMKM yang ditekuninya, namun juga diberikan motivasi agar dapat mengubah pola pikir, dari menjadi pekerja ke wirausahawan.

Pantang menyerah dan putus asa serta memiliki wawasan seluas samudra dan cita-cita setinggi bintang di langit.

Peserta dengan latar belakang yang beragam dapat menyatu dalam program CSR yang dibangun dengan prinsip-prinsip kekeluargaan. Metode pendekatan yang diterapkan sangat efektif.

Kepiawaian Tim CSR PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah, yang dikoordinir oleh Baby Poernomo, MA, alumnus Roehampton University, London,  menjadikan program ini sangat membekas di hati semua peserta.

“Saya berharap, program-program pendampingan dan pelatihan seperti yang diselenggarakan oleh PT Bukit Asam dan PT. Dirga Cahya Abadi Anugrah, ini dapat terus diadakan secara periodik, karena sangat membantu kami sebagai wirausahawan UMKM baru, yang perlu terus dimotivasi agar dapat sukses dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar Tanjung Enim,” ujar Suratin,  salah satu peserta program pendampingan CSR dengan penuh semangat.

(Dirga/Red)