LANDAK – KALBAR, Berbagai capaian sepanjang tahun 2017, disadari masih belum sepenuhnya berhasil sesuai target kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Landak yang telah ditetapkan, baik pada tataran indikator makro maupun indikator kinerja sasaran.

Hal ini diakui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Landak, Herculanus Heriadi,SE pada rapat paripurna ke-1 masa persidangan ke-II Tahun 2018 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak tentang penyampaian pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban(LKPj) akhir Tahun anggaran 2017 oleh Bupati Landak yang berlangsung diruang sidang utama DPRD Landak Senin (26/3).

“Telah banyak upaya dan langkah yang telah kita tempuh. Namun, karena berbagai hal, sampai saat ini terdapat beberapa kekurangan yang harus diselesaikan. Untuk memperbaiki kekurangan tersebut, adalah tugas kita bersama. Semoga melalui kerjasama yang baik dan harmonis dengan semua pihak, utamanya dengan DPRD Landak, kami yakin permasalahan-permasalahan tersebut dapat kita selesaikan bersama,” jelas Heri.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Landak, Heri Saman itu juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Landak, Sabinus dan sejumlah anggota DPRD Landak lainnya. Sedangkan dijajaran eksekutif, selain dihadiri Plt Bupati Landak, juga dihadiri Pj Sekda Landak, Alpius, para Assisten di Setda Landak, sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Landak.

Dijelaskan Heri, selamat tahun 2017, Pemkab Landak terus berupaya meningkatkan kinerja dan meraih prestasi demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat. “Dalam setiap usaha tentu terdapat kendala. Namun, tentu saja pemerintah tidak akan menyerah begitu saja. Segala kendala dan keterbatasan dibanyak aspek kepemerintahan, kami sikapi dan kami usahakan untuk mengatasinya dengan semangat dan bekerja lebih baik.

Menurutnya, indikator pembangunan ekonomi Landak selama periode lima tahun terakhir menunjukan trend yang positif. “Kemudian, tingkat inflasi selama periode 2012-2016 masih dalam kisaran satu digit. Sementara itu, sektor penyumbang peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Landak didominasi oleh sektor pertanian.

Untuk menindaklanjuti Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Landak tersebut, Ketua DPRD Landak, Heri Saman usai rapat paripurna menjelaskan dengan Inovasi.wed.id akan membentuk panitia khusus untuk membahas terutama yang berkaitan dengan perkembangan

Tahun sebelumnya sehingga bagai mana kinerja pemerintah Landak satu Tahun kebelakang.

 

 

Setelah satu bulan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Landak tersebut, nanti akan kita sampaikan rekomendasi dan cacatan dalam bentuk perbaikan proses penyelenggaraan  pemerintah Landak untuk ditindaklanjuti kedepan.

Sehingga bagai mana proses penyelenggaraan pemerintah kabupaten Landak satu Tahun sebelumnya mana yang sudah tercapai target dari segi pendapatan daerah, proses pembangunan dan pemerintahan tentu ini terus ditingkatkan oleh pemerintah kabupaten Landak. Kalau ada target yang belum tercapai, ini nanti yang akan kita sampaikan dengan pemda Landak dalam bentuk rekomendasi.

 

(Biro Kalbar)