Petajatim.id, Guna membahas tindak lanjut, terkait konflik di Myanmar, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi terbang ke Myanmar untuk menemui Aung San Suu Kyi. Materi utama dalam pertemuan tersebut, untuk membahas isu-isu penting terkait pengungsi Rohingya.

“Menlu RI, telah mendarat di Yangon, tengah malam, Minggu, 3/9/2017. Dubes RI untuk Yangon, Ito Sumardi beserta dua pejabat tinggi Myanmar, yaitu Deputy Direktur Jenderal Protokol, U Zaw Thomas O, serta Dirjen Strategic Study Kemlu Myanmar, Daw Kay Thi, menjemput Menlu Retno,” demikian informasi yang disampaikan pihak Kemenlu RI, Senin 4/9/2017 pagi, seperti dikutip liputan6.com

Sesampainya di Yangon, pada Senin 4/9/2017, pagi ini, Menlu Retno melanjutkan perjalanan ke ibu kota Myanmar, Naypyidaw untuk pertemuan dengan State Councelor, Daw Aung San Suu Kyii, setelah itu dilanjutkan pertemuan dengan beberapa menteri lainnya.

Pertemuan Menteri Retno, sebagai tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo, agar Indonesia berperan aktif dalam penyelesaian konflik yang terjadi di Myanmar.

Pertemuan dengan beberapa pejabat penting Myanmar, rencananya akan dilakukan seharian, baru pada sore harinya Menlu kembali ke Yangon, karena esok hari, Selasa, 5/9/2017, Menteri Luar Negeri RI , akan melanjutkan perjalanan ke Bangladesh untuk melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Bangladesh, terkait penanganan pengungsi Rohingya.

Penulis D. Supriyanto Joko N

Sumber : Kementerian Luar Negeri, Liputan6.com