Sehat itu penting. Sehat tak cukup hanya fisik (raga) saja, namun sehat jiwa juga harus diperhatikan. Dengan sehat jiwa dan raga, seluruh aktifitas yang Anda rencanakan akan berjalan dengan baik. Cara menyehatkan jiwa dan raga tentu bermacam-macam, berikut tips cara menyehatkan jiwa dan raga.

Menyehatkan Jiwa Dan Raga

Setiap orang tentu ingin sukses dalam hidupnya. Hal tersebut sangat lumrah dan manusiawi, apalagi sebagai seorang entrepreneur. Anda, tentu ingin sukses sebagai buah dari kerja keras yang telah dilakukan. Kesuksesan, yang diimbangi dengan sehat jiwa dan raga, akan membawa banyak manfaat.

JIWA DAN RAGA MERUPAKAN SATU KESATUAN

Bicara tentang hidup sehat, pasti yang terbayangkan dalam benak pikiran adalah melakukan olah raga yang cukup, dengan nutrisi maupun pola makan yang benar. Padahal, sebenarnya tidak demikian.
Sehat, tak hanya dicapai secara ragawi saja, tetapi tak kalah pentingnya adalah sehat rohaninya. Jiwa dan raga merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi satu sama lain. Keseimbangan antara keduanya, akan menentukan kualitas hidup dalam arti yang sesungguhnya.

 Kesibukan yang teramat padat, terutama di kalangan masyarakat perkotaan, setiap orang seperti dikejar oleh waktu, sebagai ciri kehidupan modern. Seakan tidak ada sedikitpun waktu tersisa untuk bersantai, berkumpul dengan keluarga, bersosialisasi dengan tetangga maupun sanak famili untuk menyalurkan hobi, dan sebagainya.

Hal tersebut akan berdampak kurang baik, bukannya sukses yang didapatkan, namun justru stress yang menghampiri. Gilirannya, berbagai penyakit datang menyerang.

Untuk itu menyeimbangkan jiwa dan raga, agar tetap sehat, adalah hal penting dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

MENYEHATKAN RAGA

Agar tubuh tetap sehat, fit, tak ada jalan lain, selain menjaga kebugaran tubuh dengan ber olahraga secara teratur dan proporsional. Ini merupakan syarat penting untuk dapat menyehatkan jiwa dan raga.

Cobalah untuk lebih banyak bergerak, terutama bagi Anda yang aktifitasnya hanya berada di belakang meja. Lakukan secara rutin dan bertahap agar tubuh tidak kaget, dan Anda tidak terjebak dalam kelelahan .

Faktor asupan nutrisi juga sangat menentukan, dengan memilih makanan yang sehat serta kaya nutrisi, agar kebutuhan gizi harian Anda tercukupi dengan baik.
Anda tak perlu melakukan perubahan pola makan secara ekstrem, lakukan secara bertahap namun konsisten. Jangan lupakan juga asupan cairan Anda, dengan meminum air putih sebanyak banyaknya, setidaknya 8 gelas setiap hari.

MENYEHATKAN PIKIRAN

Sebelum kesehatan Anda menjadi taruhannya, mulailah untuk menyehatkan pikiran. Anda perlu menyediakan waktu untuk rehat, menenangkan diri, menenangkan pikiran dengan melakukan meditasi.

Meditasi tidak selalu identik dengan duduk bersila, sambil menangkupkan kedua telapak tangan di depan dada. Meditasi bisa dilakukan dengan duduk santai, memejamkan mata, dengan memusatkan pikiran selama beberapa saat. Yang penting, tubuh dan pikiran harus relaks dalam hening.

Baca Juga : Bersyukur Dapat Menyehatkan Jantung Anda

Anda juga bisa melakukan berbagai aktifitas ringan sesuai hobi, misalnya berkebun, bersepeda, membaca atau menikmati secangkir teh hangat sambil mendengarkan musik relaksasi. Hal tersebut bisa membantu menyehatkan pikiran.

Selain itu, usahakan untuk selalu berada di sekitar orang-orang yang memiliki perilaku positif. Cobalah untuk selalu tersenyum, tertawa atau mengucap salam sebagai tanda persahabatan, perbanyak bersyukur apapun keadaannya.

Bila Anda mampu mengelola pikiran Anda, Anda akan mendapat ketenangan, mampu mengambil keputusan dengan baik. Dengan demikian, seluruh aktifitas pekerjaan yang Anda lakukan akan terasa lancar, sehingga target yang sudah Anda rencanakan akan lebih mudah tercapai.

(Santi)