ilustrasi (ft online24jam.com)

 

SAMPANG, Kehadiran partai politik baru di sejumlah daerah untuk Pemilu 2019 tampaknya kurang diminati. Hal ini terlihat dari minimnya peminat dalam bursa pencalonan anggota legislatif yang mulai digelar oleh parpol baru tersebut.

Keempat partai politik baru yang sudah ada di Sampang diantaranya Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Berkarya.

DPD Partai Perindo Sampang misalnya, sejak membuka pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019, tercatat baru ada 3 nama yang mendaftar, masing –masing untuk daerah pemilihan (dapil) 1, dan dapil 2. Sedangkan satu orang lainnya, maju menjadi caleg Provinsi Jawa Timur.

Kurangnya minat masyarakat terhadap keberadaan parpol baru juga dirasakan oleh Partai Berkarya, Partai PSI maupun Partai Garuda.

Menurut pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo, bahwa keberadaan partai politik pendatang baru tidak serta merta menarik minat masyarakat, meski partai tersebut didirikan oleh tokoh nasional terkenal sekalipun. Tidak mudah bagi parpol baru meraup dukungan suara pada Pemilu 2019.

“ Sulit bagi parpol baru untuk merauh dukungan suara. Tidak mudah, karena harus melawan eksistensi partai politik lama dan berebut dengan partai politik baru lainnya,” kata Suko Widodo, seperti dikutip Kabar24.

Dikatakan Suko, parpol baru harus bekerja ekstra keras, dan tidak cukup hanya dengan melakukan komunikasi politik saja, tetapi harus membangun relasi yang lebih nyata dan dapat dirasakan masyarakat, salah satunya dengan memberikan program serta kerjasama untuk menarik dukungan publik.

“  Jika ingin meraih dukungan maka harus mau turun lansung berdialog dan terlibat pada kegiatan riil masyarakat,” ungkapnya.

( Sam/Jok )