SURABAYA – PETAJATIM.ID, Gubernur Jawa Timur DR. H. Soekarwo dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. Budi Waseso, Sabtu, 10 Februari 2018, melakukan peletakan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan kantor BNNP Provinsi Jawa Timur.

Kantor BNNP Provinsi Jawa Timur ini, beralokasi di Jalan Sukomanunggal, Surabaya, Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Komjen Budi Waseso mengatakan, dengan memiliki gedung kantor sendiri, diharapkan kinerja BNNP Jawa Timur akan lebih optimal.

“ Kami, BNN Pusat saja, kantor masih kontrak. Belum punya sendiri, maka BNNP Jatim sangat beruntung. DI Indonesia, hampir semua gedung kantornya pinjam pakai dan kontrak. Baru BNNP Jatim ini yang akan punya gedung sendiri,” ungkap Budi Waseso.

dok. ft. suarasurabaya.net

Lokasi gedung yang akan dibangun untuk kantor BNNP Jawa Timur, menempati lahan yang diperoleh dari hibah dari Kementerian Keuangan RI. Sedangkan dana pembangunan gedungnya, sebesar Rp 25 miliar, didapatkan dari APBD Pemprov Jatim tahun 2018.

Sebagai pucuk pimpinan institusi pemberantas narkotika, Budi Waseso mengapresiasi bantuan Pakdhe Karwo dalam mewujudkan pembangunan gedung BNNP Jawa Timur.

“ Pakdhe jelang akhir masa jabatannya, memberi kenangan bagi BNNP. Ini sangat monumental. Tak hanya Pakdhe yang jabatannya akan berakhir, tapi saya juga akan pensiun per 1 Maret besuk. Karena itulah tugas dan amanah. Semua dibatasi waktu. Saya ataupun Pakdhe Karwo juga tentunya masih ingin berbuat lebih banyak. Namun semua dibatasi waktu, dan kemampuan sebagai manusia. Alhamdulillah,  di detik terakhir muncul seperti pembangunan gedung BNNP Jatim ini,” tuturnya.

Pakdhe Karwo juga turut menyampaikan rasa syukurnya, bisa berkontribusi nyata membangun gedung BNNP Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu pula, Pakdhe Karwo memberi berbagai masukan kepada BNN selaku institusi yang bertugas menangani peredaran dan penyalahgunaan narkoba tersebut.

“ Tidak ada gunanya bangun fisik yang besar dan bagus jika tidak ada upaya serius menangani gempuran narkoba. SDM juga harus diperkuat,” himbau Pakde Karwo.

Sementara itu, Kepala BNNP Jawa Timur, Brigjen Pol. Bambang Budi Santoso mengungkapkan, bahwa pembangunan kantor BNNP Jatim, akan menjadi prototipe atau percontohan bagi seluruh BNN di Indonesia.

“ Walau bangunannya modern namun tetap mengedepankan konsep kearifan lokal.  Untuk lahan kita dapat hibah dari Kementerian Keuangan. Dana pembangunan dari Pemprov Jatim Rp 25 miliar. Namun jika kurang, maka kami akan matur lagi pada Pakdhe Karwo,” tukasnya.

( Joko )