Surabaya, Petajatim.id. Terkait bencana alam tanah longsor dan banjir bandang di Pacitan, Jawa Timur, Pemprov Jatim akan menggelontorkan dana sebesar Rp 100 miliar untuk Kabupaten Pacitan.

Menurut Pakde Karwo, panggilan akrabnya, dana tersebut akan dipergunakan untuk perbaikan rumah, jalan maupun prasarana lain akibat terjangan banjir dan tanah longsor.

Penegasan tersebut dikemukakannya usai menggelar rapat tertutup dengan Tim SAR, TNI, Polri, di kantor Gubernur Jawa Timur.

“ Sudah saya putuskan untuk anggaran perbaikan rumah, jalan, sarana dan prasarana akibat banjir dan longsor di sejumlah titik lokasi yang ada di Kabupaten Pacitan,” kata Pakde Karwo kepada wartawan, Jumat, 01/12/2017, siang.

Menurut informasi sementara yang berhasil dihimpun Petajatim.id saat ini jumlah rumah yang rusak parah akibat terjangan banjir dan longsor sebanyak 1.709. Jumlah tersebut, kemungkinan akan terus bertambah. Dan saat ini, pihak terkait sedang melakukan pendataan.

“ Nanti pengerjaannya akan dilakukan satu tim oleh TNI dan Polri. Tentu Cipta Karya, dan belanjanya dari provinsi. Tim yang menggerakkan pola cloud. Itu Tim yang kami gunakan dan pola saat bencana longsor di Kabupaten Ponorogo April lalu, kami terapkan di sini,” paparnya.

Apabila dana tersebut dirasa kurang, kata Pakde, Pemprov akan menambah lagi sesuai kebutuhan.

“ Saya diberi hak menulis kepada DPRD. Itu mendahului anggaran yang akan ditetapkan. Nanti kalau kurang ya ditambah,” pungkasnya.

( Sin/Jok )