Landak Kalbar- Petajatim.id. Ketua Paguyuban Jawa  Kabupaten Landak (PJKL), Purbono Hadi,  Sabtu (16/9) pagi melantik dan mengukuhkan Pengurus Paguyuban Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Kalbar masa bhakti 2017-2022 di Desa Kayuara.

Acara pengukuhkan dengan diguyur hujan tetap berlangsung khidmat dengan dihadiri,  Camat Mandor Rajiman yang juga sebagai Ketua Paguyuban Jawa Kecamatan Mandor, anggota DPRD asal Mandor,  Lamri dan jajaran muspika.

Sedangkan dari Pengurus Paguyuban Jawa Kabupaten Landak,  Ketua didampingi Sekretaris Kundori,  Condro Hadi Wasito selaku Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan anak,  ketua bidang UKM,  Industri dan Ekonomi Kreatif Kris Wuryanto.

Ketua PJKL,  Purbono Hadi menyambut baik dan mengucapkan terima Kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan acara pelantikan dengan cukup meriah.

“Untuk pengurus paguyuban jawa tingkat kecamatan, Mandor adalah yang pertama dikukuhkan.  menyusul nanti kecamatan Sengah Temilah,  Ngabang dan kecamatan lainnya, “ujar Purbono.

Ia berharap,  kehadiran paguyuban jawa ini menambah warna baru di kecamatan Mandor yang siap menjalin kerjasama dengan organisasi lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak, khususnya Camat Mandor dan lainnya, “katanya.

Ia menegaskan,  sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga,  fungsi paguyuban Jawa sebagai wadah berhimpun masyarakat jawa untuk melestarikan adat istiadat,  seni dan budaya serta menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi anggotanya.

“Paguyuban juga sebagai organisasi bersifat terbuka,  independen,  egaliter,  non partisan,  serta tidak menjadi underbow atau berafiliasi pada partai politik manapun.  Paguyuban juga sebagai organiasasi masyarakat yang membantu dan bermitra dengan pemerintah,” ungkap Purbono.

Camat Mandor Rajiman dalam sambutanya juga mengucapkan terima Kasih atas pelantikan pengurus paguyuban jawa di kecamatan Mandor.

“Tentunnya dengan lahirnya paguyuban Jawa di Mandor akan memberikan warna, keharmonisan,  kebhinekaan dan saling toleransi. Serta ikut melestarikan budaya yang ada di kabupaten Landak, “ujar Rajiman yang juga sebagai Ketua Paguyuban Jawa Mandor ini.

Sementara itu,  setelah acara pelantikan dan pengukuhan pengurus paguyuban jawa Kecamatan Mandor,  juga dilanjutkan penyerahan Barong oleh Ketua Paguyuban Jawa Kecamatan Mandor Rajiman kepada sanggar seni jawa Desa Kayuara.

Selanjutnya digelar pertunjukan dan atraksi tarian kuda lumping dan barong sehingga menjadi meriah yang menjadi tontonan masyarakat yang hadir di acara tersebut.

(STN/Red)