Sampang, Petajatim.id . Sebagai rangkaian peringatan hari jadi Sampang ke-394, Bupati Sampang melaksanakan ziarah ke 5 makam leluhur bersama Forkopimda dan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sampang., Rabu 30/11/2017

Lokasi pertama yang diziarahi rombongan Bupati  yaitu Makam Raden Qabol di Jl. Aji Gunung, Kelurahan Gunung Sekar. Kemudian dilanjutkan ke Pababaran Pangeran Trunojoyo di Jl. Pahlawan dan Asta RPH Moh Noer Mantan Gubernur Jawa Timur. Selanjutnya ke asta Pangeran Santo Merto dan diakhiri di asta Rato Ebu di Kelurahan Polagan, Kota Sampang.

Di lima tempat keramat itu, Bupati dan rombongan tampak khusyuk membaca tahlil dan tahmid untuk mendoakan mereka yang telah berjasa membangun Kabupaten Sampang.

Usai berdoa, Bupati Sampang H.Fadilah Budiono mengatakan bahwa kegiatan Hari Jadi Sampang merupakan agenda tahunan sebagai bentuk penghormatan kepada sesepuh Sampang. Sebab, jasa mereka sangat besar terhadap kota bahari, terutama masalah perkembangan agama islam di Sampang.

“Tujuan kita ziarah ke makam leluhur sebagai bentuk penghormatan atas jasa–jasa mereka yang telah berjuang untuk Sampang. Kita sebagai generasi penerus wajib menghormati. Apalagi mereka telah menanamkan ajaran agama islam di Sampang,” katanya.

Lanjut Bupati, banyak hal yang bisa dipelajari dari sejarah pejuang Sampang. “Oleh karena itu, Sampang selain dikenal sebagai daerah agamis, juga memiliki peninggalan zejarah yang bisa dikembangkan sebagai wisata religi yang mampu menyedot pesiarah dari luar dalam maupun dari luar daerah,” terangnya.

(Aj)