JAKARTA, Petajatim.id. Tentara Nasional Indonesia, akan memasuki usia ke 72. Puncak peringatan Hari Ulang Tahun TNI nantinya, akan dipusatkan di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten.

Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mengatakan hal tersebut di sela-sela kunjungannya di Cilegon, Banten, Kamis, 28/09/2017.

“ Kemarin saya melaporkan kesiapan HUT TNI, dan memohon Pak Presiden untuk menjadi Irup (inspektur Upacara) ,” ujar Panglima.

Untuk memeriahkan peringatan HUT tersebut, TNI akan memberi hiburan kepada masyarakat berupa pertunjukan wayang dari berbagai jenis dan daerah asal, di Kota Tua, Jakarta. Hiburan secara gratis tersebut, diharapkan masyarakat akan lebih memahami khasanah budaya bangsa sebagai upaya melestarikan budaya luhur, sekaligus memperkokoh semangat cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada puncak   peringatan HUT, Jenderal Gatot mengatakan bahwa TNI akan menghadirkan sejumlah alat utama sistem pertahanan (alustita) yang dimiliki TNI. Namun, Panglima tidak menyebutkan jenis alustita yang akan dihadirkan.

“ Kalau saya bocorkan sekarang, nanti gak nonton (HUT TNI). Dan pemain wayang Palembang itu tinggal satu, dan besuk (hari ini) bisa main,” jelas Gatot.

Menurut informasi yang diperoleh, dalam puncak peringatan HUT nantinya, TNI akan menampilkan berbagai atraksi tempur, diantaranya atraksi pesawat Sukhoi, yang diaplikasikan dalam bentuk demontrasi latihan gabungan TNI dan kemampuan tempur prajurit TNI.

( Rud/Jok )