SUMENEP, Petajatim.id. Kabupaten Sumenep, Madura, Propinsi Jawa Timur, menyimpan sejuta pesona. Banyak keelokan wisata pantai yang dimiliki daerah penghasil garam ini, mengundang decak kagum wisatawan, baik wisatawan lokal hingga wisatawan manca negara. Tak heran tentunya, menikmati keindahan panorama pantai di Sumenep, ibarat bagai menemu kembali surga yang tersembunyi.

Salah satu destinasi unggulan wisata pantai di Kabupaten Sumenep, adalah pantai sembilan. Kawasan pantai ini, terletak di desa Bringsang, Kecamatan Giligenting. Dinamakan pantai sembilan, karena terdapat hamparan pasir putih yang membentuk angka sembilan. Keunikan yang tidak dimiliki oleh wisata pantai yang lain, yang ada di negeri ini.

Kawasan Pantai Sembilan, dikelola secara profesional, dan mengedepankan prinsip-prinsip wisata berkelanjutan. Majunya kawasan pantai ini, tak lepas dari peran Kepala Desa Bringsang, Suklan. Dengan memotivasi warga sekitar, Suklan terus berupaya agar kawasan pantai sembilan, menjadi salah satu kawasan wisata pantai unggulan di Kabupaten Sumenep.

“ Kami berupaya keras, bagaimana kawasan wisata ini bisa terus berkembang. Bisa memberi penghidupan yang baik bagi masyarakat, dan pada gilirannya, bisa memberi sumbangsih kepada pemerintah melalui PAD. Tidak mudah memang, tapi dengan keinginan kuat dan kerja keras, semua pasti ada hasilnya. Dan sekarang, Kawasan Pantasi Sembilan, telah berubah. Anda lihat sendiri, bagaimana keindahan dan penataannya,” kata Suklan, kepada Petajatim.id, Minggu, 3/9//2017.

Untuk menuju kawasan wisata pantai ini, tidak terlalu sulit. Bisa ditempuh dengan menggunakan kapal dari pelabuhan Tanjung, Saronggi, dengan tarif Rp 30 ribu sekali jalan. Jarak tempuh dari pelabuhan, menuju kawasan wisata sekitar 40 menit.

Peran Pemerintah Kabupaten Sumenep, dalam menata kasawan wisata ini, boleh dibilang cukup. Namun, peran Kepala Desa dan  masyarakat sekitar sangat besar.

Berbagai fasilitas penunjang wisata tersedia di Pantai Sembilan ini, seperti penginapan, kantin, sarana olah raga air banana speed, lengkap tersedia. Pendek kata, wisatawan akan dimanjakan.

Bagi penggemar fotografi, Pantai Sembilan memiliki panorama alam yang indah. Bisa mengabadikan indahnya matahari tenggelam, atau menyambut fajar menjelang.

(D. Supriyanto Joko)