ft. aktual.co

 

JAKARTA,  Setelah gugatannya ditolak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) gagal melaju sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang.

Dasar penolakan gugatan tersebut menurut Bawaslu, karena PKPI selaku pemohon gugatan tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu sebagaimana yang tertuang dalam berita acara sesuai verifikasi faktual yang dilakukan termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

“ Memutuskan menolak eksepsi, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Ketua Bawaslu, Abhan saat membacakan putusan sidang di kantor Bawaslu Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Sebelum memutuskan permohonan yang diajukan partai pimpinan AM. Hendro Priyono tersebut,  anggota Bawaslu Fritz Edwar Siregar membacakan sejumlah pertimbangan.

Bawaslu menilai bahwa pemohon dianggap tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu, karena tidak bisa membuktikan naskah dokumen administrasi dan kepengurusan sesuai pasal 173 ayat 3 UU Pemilu.

Selain itu, Bawaslu menilai pemohon juga tidak bisa membuktikan keterwakilan dan dokumen naskah administrasi termasuk tak bisa membuktikan pengurus maupun keberadaan kantor sekretariat partai.

Dengan putusan tersebut PKPI dipastikan gagal sebagai peserta Pemilu 2019.

( De Rizki/jok )