SURABAYA, Petajatim.id. Menjelang perhelatan Pilgub Jawa Timur 2018, ada saja celah yang dimanfaatkan penipu untuk mengeruk keuntungan.

Belum lama berselang, ada penipu mencatut  Tim Pemenangan calon gubernur Saifullah Yusuf  (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas.

Kejadian tersebut dialami 150 warga Rungkut, Surabaya. Dalam menjalankan aksinya, penipu mengaku sebagai Tim Sukses Gus Ipul – Azwar Anas, dengan menjanjikan dana hibah sebesar Rp 15 juta per orang untuk pengembangan UMKM.

Warga diminta sejumlah uang, agar dana yang dijanjikan segera cair. Namun setelah warga menyerahkan uang pelicin, penipu tersebut menghilang. Kasus penipuan yang merugikan ratusan warga tersebut, saat ini ditangani Polsek Rungkut Surabaya.

Menanggapi kasus tersebut, Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul – Mas Anas, Hikmah Bafaqih mengatakan bahwa pihaknya meminta kepolisian untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Bukan tidak mungkin, kasus serupa akan terjadi di daerah lain apabila hal ini tidak ditindak lanjuti.

“ Gus Ipul – Mas Anas, tidak pernah mengadakan program hibah, ataupun bentuk lainnya yang meminta atau menghimpun dana dari masyarakat. Apalagi disertai janji-janji yang tidak masuk akal,” kata Hikmah kepada wartawan, Jumat 29 Desember 2017.

Hikmah mengaku prihatin atas kejadian ini, dan meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap orang-orang yang tidak dikenal dan mengiming-imingi sesuatu.

Dia juga berharap adanya koordinasi dan komunikasi antar sesama relawan Gus Ipul- Mas Anas, untuk meningkatkan kewaspadaannya, agar hal-hal seperti ini tidak terulang kembali.

( Suroso : Surabaya )