SURABAYA, Petajatim.id. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan pengoperasian Tol Surabaya – Mojokerto, pada 7 Desember 2017 mendatang.

Rencana peresmian tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo, kepada wartawan di Surabaya, Senin, 04/12/2017.

“ Rencananya 7 Desember ini akan diresmikan Presiden, di ruas titik Mojokerto, sekalian ada acara kirab Pemuda di Blitar,” kata Pakdhe Karwo, sapaan akrabnya.

Terkait dengan rencana peresmian tol tersebut, Pakdhe Karwo mengaku sudah melaporkannya secara lengkap pembangunan jalan tol itu, sehingga dalam waktu dekat bisa dioperasikan dan dilalui kendaraan umum, apalagi menjelang libur natal dan tahun baru, sehingga bisa mengurangi arus kepadatan lalu lintas.

“ Semua sudah tersambung, dan fasilitas lengkap seluruhnya. Saat ini dari Surabaya sampai Mengkreng, atau tepat di pintu masuk kawasan masjid Moeldoko. Yang belum bisa masuk dari Driyorejo karena masih perlu perbaikan,” jelas Pakdhe Karwo.

Dengan dioperasikannya tol Surabaya – Mojokerto, Pakdhe berharap kemacetan lalu lintas yang selama ini sering terjadi bisa dikurangi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo mengatakan, tol Surabaya – Mojokerto yang bakal diresmikan Presiden adalah seksi 1b, seksi II dan seksi III.

Seksi 1a sudah dioperasikan sebelumnya, dan secara keseluruhan dari Waru, sampai Legundi, Krian telah tuntas. Dengan selesainya ketiga seksi ini, maka tol Surabaya – Mojokerto, yang sudah bisa dioperasikan dari Surabaya hingga Jombang.

( Sinta/Jok )