Ilustrasi

 

MALANG,  Salah satu Produk unggulan Usaha Kecil Menengah ( UKM ) dari Kabupaten Malang, khususnya aneka kripik seperti kripik singkong, kripik pisang, kripik talas, kripik nangka dan lain lain, mampu menjangkau pasar luar Jawa.

Siti Rukhoiyah Kepala Desa Pakisaji

Produk aneka kripik khas Kabupaten Malang ini, menurut beberapa konsumen, memiliki ciri khas tersendiri, selain renyah, gurih, bumbu nya pun terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan pengawet.

Selain industri kripik, Kabupaen Malang juga dikenal dengan kerajinan tangan seperti tas yang terbuat dari anyaman tali rafia.

Keunikan tas tali rafia buatan pengrajin asal desa Sitojayan, Pakisaji, Kabupaten Malang ini, sudah memiliki segmen pasar yang luas, tidak hanya di kawasan Malang Raya saja, namun sudah merambah ke daerah lain seperti Sulawesi, Kalimantan, Bali, Lombok maupun Sumatera.

Menurut Siti Rukhoiyah Kepala Desa Pakisaji, pihaknya sangat mensupport dan mendukung kegiatan warganya. Apalagi ini menyangkut kesejahteraan dan menunjang ekonomi masyarakat setempat.

Untuk usaha kripik yang ada di desanya, Siti menjelaskan ada 15 kelompok sedangkan untuk kerajinan tas ada 10 kelompok.

“ Kami terus melakukan pembinaan agar sentra industri keripik maupun kerajinan, bisa menembus pasar yang lebih luas lagi. Kami berterima kasih kepada Dinas Koperasi dan UKM serta Disperindag Kabupaten Malang, yang tak kenal lelah melakukan pembinaan dan memberi bantuan berupa peralatan yang diperlukan,” kata Siti.

 

( Yopi )