JAKARTA,  Ribuan umat Islam dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Banten, dan luar Jakarta, melakukan aksi demo, Jumat (06/04/2018) menuntut Sukmawati Soekarno Putri ditahan, karena puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakannya dalam Indonesia Fashion Week, beberapa waktu lalu,  dinilai menistakan agama Islam.

Aksi ini digelar di depan Kantor Bareskrim Mabes Polri di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Masa dari alumni 212 maupun ormas Islam lainnya, berkumpul sejak pukul 08.00 pagi, sambil melantunkan sholawat dan doa bersama-sama, hingga dilanjutkan solat Jumat.

Salah satu koordinator aksi mengatakan, bahwa aksi bakal tetap jalan meskipun Sukmawati Soekarnoputri sudah meminta maaf kepada umat muslim di seluruh Indonesia, dalam konferensi pers di Warung Daun Cikini Jakarta Pusat, Rabu (4/04/2018).

“ Kami ingin Sukmawati ditangkap, karena sudah menistakan agama Islam. Walaupun sudah meminta maaf, tapi kasus hukum harus tetap diproses,” ungkapnya.

Aksi ini berlangsung tertib dan damai, hingga menjelang petang masa baru membubarkan diri dengan pengawalan petugas.

Terkait kontroversi puisi Sukmawati yang dinilai telah melecehkan dan menghina agama Islam, Persaudaraan Alumni 212 menilai umat Islam tak berhak memaafkan Sukmawati yang dianggap menghina agama Islam melalui puisinya.

Mereka juga mengkritik Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin yang dianggap bertindak tidak adil.

( Rochman, Biro DKI Jakarta )