SURABAYA, PETAJATIM.ID, Walikota Surabaya, Tri Risma Harini, berharap jika dalam pemilihan Gubernur 2018 nanti pasangan calon Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno menang, bisa lebih memajukan pendidikan di Jawa Timur, dengan membuat kebijakan pengelolaan SMA/SMK berubah.

Hal itu dikemukakan Risma, saat memberi sambutan dalam Rakercab I 2018, PC Anshor Kota Surabaya, di hotel Sheraton Surabaya, Minggu, 11/02/2018.

Dalam kesempatan itu pula Risma mengajak seluruh barisan Anshor untuk mendukung pasangan calon Gus Ipul – Puti, pada Pilgub Jatim, Juni mendatang.

“ Mari, kita bersama-sama membantu mbak Puti, rek. Kalau mbak Puti jadi, aku iso ngewangi SMA/SMK, nggak ono sing putus maneh ( saya bisa membantu SMA/SMK, tidak ada yang putus lagi,” kata Risma.

Diungkapkan Risma, saat ini Pemerintah Kota Surabaya tidak bisa memiliki kewenangan mengelola SMA/SMK, karena semua kebijakan dan kewenangan sudah diambil alih Pemerintah Provinsi.

Terkait hal itu, Pemkot tidak bisa berbuat banyak tentang regulasi tersebut, seperti banyaknya siswa yang putus sekolah.

“ Saya sudah tidak bisa mengurus SMA/SMK lagi, kan ditarik ke Pemprov. Maka kalau jadi mbak Puti, bisa kelola SMA/SMK,” tandasnya.

( Joko )