SURABAYA, PETAJATIM.ID. Kunjungan wisatawan nusantara  ke sejumlah tempat wisata di Jawa Timur sepanjang tahun 2017, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Menurut catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, pada tahun 2017, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Jatim mencapai 58,65 juta wisatawan, lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang mencapai 58,07 juta wisatawan.

Melansir dari laman Diskominfo Jatim, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Jarianto di Surabaya. Senin 5 Februari 2017 kemarin mengatakan peningkatan signifikan terjadi pada 2015 ke 2016 dimana peningkatan kunjungan wisatawan nusantara mencapai 12,82 %.

“ Pada 2015, jumlah wisatawan domestik mencapai 51,57 juta orang, sedangkan pada tahun 2016 sebanyak 58,07 juta. Peningkatannya sangat signifikan,” ungkap Jarianto.

Adapun tempat-tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan diantaranya Gunung Bromo, Kawah Ijen, Pulau Merah Banyuwangi, Kota Batu, Sendang Biru di Malang Selatan, Wisata Bahari Lamongan, dan Surabaya ( wisata sejarah dan wisata belanja ).

Selain destinasi wisata alam maupun buatan, Jawa Timur juga kaya akan tempat tempat wisata seni budaya maupun tradisi.

Berbagai kegiatan event event wisata maupun budaya di Jawa Timur menurut Jarianto, juga sering digelar, diantaranya Majapahit Travel Fair, yang digelar rutin setiap tahun, dan mendatangkan para buyer dari luar dan dalam negeri.

Ajang ini, kata Jarianto, sangat ditunggu, karena para agen perjalanan bisa mengetahui secara langsung keunggulan potensi wisata yang dimiliki Jawa Timur.

( Sam/Jok )