Deskripsi

Dinamika bisnis dan ekonomi baik mikro maupun makro dalam dekade terakhir, selain berdampak positif dalam memberikan peluang juga berdampak pada tekanan-tekanan yang semakin berat.  Hampir semua usaha dituntut konsisten namun dinamis mengelola sistem serta sumber daya manusia dalam menjalankan perannya sebagai pengelola utama sebuah organisasi bisnis.

Tantangan berat bagi manajemen adalah mendapatkan leaders yang tepat pada waktu yang tepat untuk mengisi posisi dalam organisasi.  Untuk mengisi kebutuhan leader dengan skills tertentu manajemen puncak menyadari untuk selektif dalam menempatkan orang pada tempat yang tepat sesuai dengan passion nya agar memiliki kinerja puncak. Leaders yang telah establish di posisinya juga secara terus menerus  harus dikembangkan kapasitas dan kapabilitasnya untuk tetap up to date dan siap menghadapi turbulensi tekanan-tekanan yang semakin meningkat.

Workshop How To Be a Good Leader based on Endurance diselenggarakan atas permintaan client  sehari sebelum pelaksanaan Leadership Endurance Test (LET) atau terpisah dengan pelaksanaan LET.   Human capital adalah resource utama yang menjadi kunci sukses perusahaan. Aspek leadership adalah komponen inti dari human capital. How to be a good leader membahas tuntas bagaimana membentuk leaders yang militan, efektif dan menjadi daya saing utama perusahaan.

 Leadership is Action, not Position, diangkat menjadi manajer tidak serta merta seseorang bisa berperan sebagai leader. Kekuasan tidak membuat seseorang bisa menjadi leader. Seorang menajer harus bisa berperan sebagai manajer sekaligus sebagai leader. Sebagai seorang leader, seseorang memiliki beberapa tugas utama. Pertama, sebagai perintis, yaitu mengembangkan prakarsa, memberi inspirasi, dan menghadirkan perubahan yang signifikan terhadap organisasi. Kedua, sebagai penyelaras, yaitu mengharmoniskan berbagai kepentingan stakeholders secara elegant dengan membangun tujuan yang lebih tinggi, yaitu keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Ketiga, sebagai pemberdaya, yaitu mengembangkan kepercayaan diri dan tim, melibatkan memberdayakan seluruh anak buahnya secara maksimal. Keempat, sebagai panutan, yaitu membangun dan mengembangkan karakter positif yang memiliki daya  pengaruh bagi seluruh anak buah.

Kesuksesan perusahaan sangat bergantung pada kualitas kepemimpinan di segala lini mulai dari   assistant manager, manager, sampai ke tingkat top management.

Tantangan kepemimpinan perusahaan kedepan adalah menciptakan leaders yang memiliki endurance yang tinggi dan memangun tim yang adaptif dan fleksibel (flexibility competence) dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis; menciptakan tim yang berdaya saing tinggi untuk melanggengkan eksistensi organisasi/perusahaan; dan menciptakan tim yang berkesadaran tinggi untuk meraih laba di atas rata-rata organisasi/perusahaan sejenis. Pelatihan leadership based on endurance bagi manager sampai ke tingkat top management dimaksudkan untuk membangun dan mengembangkan Leadership Endurance untuk menghadapi turbulensi tekanan yang terus meningkat serta membentuk leaders yang kapabel, militan, tangguh dan efektif membawa perusahaan mencapai visi dan misinya. 

  • Memberikan pemahaman kepada peserta tentang  Leadersdhip Endurance
  • Memberikan bekal bagaimana membangun dan mempertahankan Endurance
  • Memberikan pemahaman bagaimana menyelaraskan peran sebagai seorang manager dan leader.
  • Memberikan penjelasan tentang berbagai gaya kepemimpinan dan bagaimana menerapkannya pada berbagai situasi persoalan perusahaan dan karakter anak buah.
  • Menjelaskan beberapa jebakan bagi pemimpin.
  • Menjelaskan Servant Leadership dan Transformational Leadership
  • Menjelaskan dan mensimulasikan bagaimana menjadi pemimpin yang efektif dengan endurance yang tinggi.

  • The Challenge of Leadership in The Future
  • Leadership Endurance overview
  • How to manage Input and output of decision making
  • Building and Maintaning essential value of leadership
  • Individual Endurance Building
  • Managers vs. Leaders
  • Leadership Traits
  • Leadership Styles
  • Servant Leadership
  • Tansactional and Transformational Leadership
  • New Leaders and Challenges
  • Leaders Traps
  • Roles and Responsibility of Leadership

 

Trainers

 Dr. Ir. H. Muhammad Said Didu, M.Si., IPU

Dr. Ir. H. Muhammad Said Didu, M.Si., IPU

Stafsus MenESDM 2014-2016, Perekayasa di BPPT, Sek KemBUMN 2005-2010, Ketum PII 2009-2012, Ketum Alumni IPB 2008-2013. Ketua ICMI 2003-2005, DPR/MPR 1997-1999.

Dr. Drs. H.  Fauzan Asmara, S. Psi., M.Psi., MM.

Dr. Drs. H. Fauzan Asmara, S. Psi., M.Psi., MM.

Konsultan, senior trainer, Akademisi, dosen Pasca Sarjana, praktisi bidang ekonomi dan psikologi. Humanis dan humoris.

Lama pelatihan

One day

Metode Pelatihan

  • Two way communication
  • Applied Theory
  • Game
  • Simulation

 

PT. DIRGA CAHYA ABADI ANUGRAH

Villa Pamulang, Blok CH 8, No. 17, Tangerang Selatan

Telpon (021) 29237340, 74713126

Fax (021) 29237341