Ilustrasi

 

SAMPANG, Untuk mengakomodir warga yang tidak memiliki KTP Elektronik (e-KTP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, mengeluarkan kebijakan bagi warga yang tidak memiliki e-KTP bisa menggunakan Surat Keterangan (Suket) yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang untuk memilih pada Pemilukada Sampang 27 Juni mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sampang Imansyah.

Dikatakan Iman, surat keterangan tersebut bisa digunakan sementara sebelum pemilih mendapatkan KTP elektronik. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya pemilih yang belum mendapatkan KTP elektronik, saat daftar pemilih tetap (DPT) hendak ditetapkan.

“Nanti kami setelah penetapan DPS, kami akan merekap data pemilih yang belum punya e-KTP, kami akan koordinasikan kepada Dispendukcapil untuk database kependudukan, dan nantinya jika terdaftar maka nantinya akan diberikan surat keterangan,” kata Imansyah, Rabu (07/03/18).

Sementara itu, melansir dari Kabar Madura, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Edi Subinto mengatakan, bahwa pihaknya akan mengeluarkan Suket, jika pemilih tersebut sudah terekam data kependudukannya secara elektronik di Dispendukcapil daerah.

Edi berharap, bagi warga yang umurnya sudah mencapai 17 tahun ke atas agar dapat melakukan perekaman data e-KTP, sehingga nantinya bisa memilih dalam Pilkada Sampang 27 Juni mendatang.

( Jok – red )