ft. istimewa

 

SUMENEP, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berupaya memperkenalkan potensi wisatanya ke luar daerah. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah dengan menambah jalur penerbangan komersil dari semula hanya melayani rute Bandara Trunojoyo Sumenep – Surabaya, kini akan ditambah jalur penerbangan baru Sumenep – Bali.

Salah satu alasan memilih Bali, supaya wisatawan yang berkunjung ke Bali, juga tertarik untuk mengunjungi obyek wisata di Sumenep.

“ Akses transportasi udara diharapkan bisa menjadi faktor pendukung terhadap tahun kunjungan 2018. Sebab dengan adanya akses transportasi dari Sumenep – Bali dan Bali – Sumenep, bisa menarik wisatawan yang ada di Bali untuk juga mengunjungi destinasi wisata di Sumenep,” tutur Kepala Dinas Perhubungan Sumenep Sustono kepada wartawan, Senin (02/04/2018).

Untuk mendukung rencana tersebut, kata Sustono, Pemkab Sumenep sudah berkirim surat ke salah satu maskapai penerbangan, dengan tujuan supaya bisa memanfaatkan Bandara Trunojoyo untuk komersialisasi penerbangan ke Bali.

Dikatan Sustono, dengan surat yang dikirim ke salah satu maskapai penerbangan itu, sekaligus sebagai upaya penjajagan Pemkab Sumenep, supaya ada maskapai yang tertarik untuk memanfaatkan Bandara Trunojoyo, dimana rute Sumenep – Bali masih kosong, dan bisa diisi untuk komersialisasi.

“ Usaha masih kami lakukan supaya penerbangan ke Bali bisa terealisasi. Jika terealisasi, maka penerbangan komersil tidak hanya satu rute, yakni Sumenep – Surabaya, tetapi nantinya bisa bertambah,” katanya.

Jika nantinya tambahan rute penerbangan ke Bali terealisasi, pesawat yang dimanfaatkan penerbangan ke Bali adalah pesawat jenis ATR 72, sama dengan pesawat Sumenep – Surabaya.

Saat ini penerbangan Sumenep – Surabaya masih satu kali dalam sehari. Rencananya Pemkab akan menambah jadual penerbangan Surabaya – Sumenep menjadi sehari dua kali.

( Sam/Jok )