JAKARTA, Petajatim.id. Sejumlah instansi Pemerintah, melakukan pembahasan terkait rekomendasi pulau G, Teluk Jakarta, di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa, 26/09/2017.

Hasil rapat  yang memakan waktu  cukup lama tersebut, nantinya akan di sampaikan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ( Kemenko Maritim ) Luhut Binsar Panjaitan.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda ) DKI Jakarta, Tutty Kusumawati seusai rapat, bahwa hasil rapat ini berupa rekomendasi awal atau masukanyang akan diberikan kepada Menko Maritim, terkait langkah-langkah yang harus dilakukan, sebelum dikeluarkan rekomendasi tetap.

“ Iya, tadi kita  menyusun masukan untuk Pak Menko (Maritim). Artinya sebelum kita sampaikan ke Pak Menko, kita membuat kesepakatan bersama,” Kata Tutty.

Menurutnya, rapat pembahasan kali ini merupakan rapat teknis final untuk kelanjutan reklamasi Pulau G, dan untuk penetapan rekomendasinya diserahkan kepada Menko Maritim.

“ Itu tergantung Pak Menko Maritim nanti yang sampaikan ya,”pungkasnya.

Sekedar catatan, pembangunan proyek reklamasi pulau G pernah dihentikan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman waktu itu, Rizal Ramli.

Rizal menghentikan secara permanen proyek reklamasi pulau G, yang dikembangkan PT. Muara Wisesa Samudra, anak perusahaan PT. Agung Podomoro, setelah dirinya bertemu Komite Bersama Reklamasi.

Dalam keputusannya, Rizal mengatakan pembangunan tersebut harus dibatalkan, karena proyek reklamasi pulau G, masuk ke dalam kategori pelanggaran berat yang akan mengancam lingkungan hidup, proyek vital strategis, pelabuhan, serta lalu lintas laut.

( Prim/Joko )