SURABAYA, Petajatim.id. Untuk pemeriksaan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang akan mengikuti Pilkada serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur, kembali menggandeng Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo Surabaya.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, sebagaimana dilansir dari laman Diskominfo Jatim mengatakan, terkait tahapan pendaftaran pasangan calon, pihaknya tidak hanya melaksanakan pengumuman dan menerima pendaftaran bakal pasangan calon saja. Ada salah satu persyaratan yang harus dilaksanakan dengan eksternal rumah sakit, yakni pemeriksaan kesehatan pasangan calon.

“ Syarat rumah sakit juga sudah ditentukan, yakni tipe A, sehingga kami butuh kerjasama dengan RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam keterangannya, pihak Rumah Sakit dr. Soetomo mengatakan, bahwa pihaknya tidak hanya bekerja sama terkait pemeriksaan pilgub saja, namun juga terlah ditandatangani kesepakatan kerjasama dengan tujuh kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak di Jawa Timur.

Ketujuh Kabupaten/Kota tersebut meliputi KPU Kota Madiun, Mojokerto dan Kediri. Sementara untuk yang dari Kabupaten meliputi KPU Kabupaten Bojonegoro, Madiun, Magetan, dan Probolinggo.

Terkait pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon, pihak RSUD dr. Soetomo dua rumah sakit lain yang ada di Jawa Timur, yakni RSAL dr. Ramelan Surabaya, dan Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang.

( Sar/Jnr/Red )