SURABAYA, Petajatim.id. Kejuaraan Indonesia Open Aquatic Tournament, sebagai Test Event Road To Asian Games 2018, dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa, 05/12/2017, malam.

Event yang diselenggarakan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia ini, digelar di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, dan mempertandingkan empat cabang olah raga, yakni renang, loncat indah, polo air, dan master swimming.

Ketua Umum Pengurus Besar PRSI, Anindya Novyan Bakrie mengatakan, bahwa melalui turnamen ini diharapkan menjadi moment dan kesiapan untuk menghadapi perhelatan olah raga Asian Games 2018 mendatang.

“ Alhamdulillah, tadi Pak Wapres, Ibu Menko dan beberapa Menteri hadir dalam pembukaan ajang ini. Buat kami ini suatu kebahagiaan dan apresiasi yang besar, belum lagi kita ketiban rezeki menapat Aquatic Center seperti ini,” kata Anindya, Senin, 05/12/2017.

Anindya mengemukakan, dengan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018, diharapkan pula dapat mendongkrak prestasi atlet cabang akuatik setelah 28 tahun meredup.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB. PRSI Wisnu Wardhani mengatakan,  melalui Open Aquatic Championship 2017, akan dijadikan ajang seleksi bagi timnas akuatik untuk Asian Games 2018.

( Tri/Jok )