SUMENEP, Untuk meningkatkan mutu kesehatan khususnya di wilayah Kepulauan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep beserta Forum Pimpinan Kecamatan ( Forpimcam ) menggelar meeting pra survey dalam rangka akreditasi Puskesmas di wilayah Kepulauan di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Senin ( 23/4/2018).

Guna mensinergikan program tersebut,  Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep,  mengundang jajaran Forpimcam yang terdiri dari Koramil, Polsek, Kecamatan, Kepala Desa dan unsur masyarakat peduli sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten sumenep, dr fatoni, M.kes, mengatakan  bahwa untuk meningkatkan mutu kesehatan, banyak hal yang bisa dicapai  melalui proses akreditasi.

” Kita akan terus berupaya untuk memberikan peningkatan pelayanan kesehatan bagi warga dan masyarakat, hal tersebut sesuai dengan salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sumenep yang Sehat, ” ujar dr. Fatoni.

Dijelaskannya, bahwa Akreditasi Puskesmas adalah sebuah pengakuan yang diberikan lembaga independent sebagai penyelenggara yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Hal itu sesuai Permenkes Nomor 46 Tahun 2015, tentang Akreditasi Puskesmas.

“ Tahun ini pihak Dinkes Sumenep akan melakukan akreditasi terhadap tiga (3) Puskesmas yang ada di kepulauan, yaitu Puskesmas Arjasa, Puskesmas Kayuaroh, Puskesmas Sapeken, dan ini akan terus kita lakukan agar mutu dan peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kabupaten Sumenep dapat tercapai, ” pungkasnya.

( mrw )