CIREBON, Petajatim.id,  Musyawarah raja-raja  se Nusantara dan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI yang diselenggarakan di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 17/09/2017, menjadi momentum untuk memperkokoh kembali semangat Kebhinekaan, persatuan dan kesatuan, sekaligus meneguhkan komitmen sebagai negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Upaya tersebut, bisa dilakukan melalui berbagai cara, diantaranya melalui pendekatan budaya.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, yang hadir menjadi salah satu pembicara, mengajak seluruh raja dan sultan Nusantara untuk mengambil bagian untuk memperkuat pemahaman Pancasila sebagai idiologi negara. Menurut Wiranto, keberadaan raja dan sultan nusantara, memiliki hubungan historis dengan negara Indonesia.

“ Pemerintah sudah mulai melakukan langkah kuat, dan serius dengan membentuk Unit Kerja Presiden untuk pemahaman Pancasila,” kata Wiranto di Cirebon, Minggu, 17/09/2017.

Wiranto menegaskan, bahwa dalam upaya untuk memperkuat kembali idiologi Pancasila, pihaknya mengaku ingin menyerap aspirasi serta berbagai masukan dari raja, keturunan raja dan sultan dari kerajasaan se Nusantara.

Aspirasi tersebut, lanjut Wiranto, diperlukan pemerintah agar lebih berhati hati dalam mengambil setiap kebijakan , terutama yang ada kaitannya dengan keraton maupun kesultanan di Indonesia.

Adanya sinergi yang baik antara pemerintah dengan keraton maupun kesultanan di Indonesia, menjadi langkah strategis untuk memperkokoh komitmen kebangsaan.

Melalui kesempatan tersebut, Wiranto meminta kepada raja-raja, maupun sultan untuk mengambil peran pada proses pembinaan bela negara. Bila sinergi tersebut terbangun dengan baik,  akan tercipta harmoni hidup berbangsa dan bernegara, yang pada gilirannya akan tercipta stabilitas nasional yang baik dan kondusif, baik politik, keamanan maupun ekonomi.

“ Dengan pengaruh itu, saya ingin mengajak beliau-beliau dari bagaimana membumikan kembali, perkuat kembali pemahaman Pancasila sebagai idiologi negara,” tandasnya

Musyawarah raja-raja dan sultan nusantara, serta festival keraton nusantara ke XI, akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 20 September 2017, dan diikuti oleh sekitar 50 keraton yang ada di Indonesia.

( Rud/Joko )